Kementan Hasilkan Peningkatan NTP dan NTUP di Januari 2021

Kementan Hasilkan Peningkatan NTP dan NTUP di Januari 2021
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL). Foto: dok/Kementan RI

jpnn.com, JAKARTA - Kinerja sektor pertanian di awal tahun 2021 menuai hasil menggembirakan.

Hal ini terlihat capaian peningkatan daya dan usaha petani yang mengalami kenaikan.

Melansir data Badan Pusat Statistik (BPS), nilai tukar petani (NTP) nasional Januari 2021 103,26 atau naik 0,01 persen dibanding NTP bulan sebelumnya.
Kenaikan NTP dikarenakan indeks harga yang diterima petani (It) naik 0,45 persen, lebih tinggi dari kenaikan indeks harga yang dibayar petani (Ib) 0,44 persen.

Selain NTP, kenaikan juga terjadi pada nilai tukar usaha rumah tangga pertanian (NTUP) nasional Januari 2021 104,01 atau naik 0,01 persen dibanding NTUP bulan sebelumnya.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) terkait persoalan ini mengatakan peningkatan daya beli petani tersebut tentunya sesuai arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) bahwa fokus program Kementerian Pertanian (Kementan) harus pada perbaikan taraf hidup pada petani.

Program kegiatan difokuskan pada peningkatan produksi yang berbasis pertanian maju, mandiri dan modern dan diikuti kualitas pangan berdaya saing ekspor.

"Fungsi Kementan adalah bagian-bagian energi bagi semua pihak untuk menjaga ketahanan pangan nasional dalam kondisi aman dan terkendali, terutama saat pandemi Covid-19 seperti sekarang ini. Ke depan target kami adalah meningkatkan kesejahteraan petani sebagai agenda yang paling utama," katanya di Jakarta, Senin (1/2).

Tidak hanya itu, Mentan SYL mengatakan program kerja utama Kementan 2021 menyasar pada peningkatan ketahanan pangan dan nilai tambah ekspor yakni . Yakni,
dengan meningkatkan produktivitas pertanian di mana daerah yang mengalami defisit akan diberi perhatian yang lebih yang solusif.

Kinerja sektor pertanian mencatat hasil menggembirakan di awal 2021 ini. Hal itu terlihat dari peningkatan NTP dan NTUP pada Januari 2021.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News