Kementan Inventarisasi Lahan Pertanian

Kementan Inventarisasi Lahan Pertanian
Kementan Inventarisasi Lahan Pertanian
JAKARTA- Kementerian Pertanian masih melakukan inventarisasi lahan pertanian di Indonesia. "Terdapat perbedaan data, dari BPS dan Citra Landskape," kata Menteri Pertanian Suswono.

Disela rapat kerja dengan Komisi IV DPR RI, Rabu (10/2), Suswono menjelaskan data BPS tahun 2009 melansir lahan pertanian mencapai 8 juta hektar, sedangka pencitraan satelit terbaru dari Kementan, lahan yang ada sekitar 7 juta hektar.

"Ini yang akan diaudit kebenarannya.  Padahal, menurut data alih fungsi lahan pertanian ke nonpertanian, tiap tahun mencapai 100 ribu hektar dan pencetakan sawah baru minim,” jelasnya.

Diupayakan, setiap tahun pencetakan sawah baru mencapai 500 ribu hektar per tahun. Tak hanya itu, dari segi komoditas Kementan akan melakukan intensifikasi pertanian dengan pemberian gratis bibit kedelei. "Sentra-sentra kedelai seperti di Aceh dan Jatim akan digalakkan kembali," tambahnya.

JAKARTA- Kementerian Pertanian masih melakukan inventarisasi lahan pertanian di Indonesia. "Terdapat perbedaan data, dari BPS dan Citra Landskape,"

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News