Selasa, 23 Oktober 2018 – 02:11 WIB

Kementan Mampu Jadikan Indonesia Lumbung Pangan Dunia

Jumat, 12 Oktober 2018 – 16:28 WIB
Kementan Mampu Jadikan Indonesia Lumbung Pangan Dunia - JPNN.COM

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman bersama jajaran di Kementerian Pertanian diyakini mampu menyusun dan menyiapkan langkah strategis untuk menjadikan Indonesia sebagai lumbung pangan dunia pada 2045.

Menurut pengamat ekonomi pertanian Institut Pertanian Bogor (IPB) Nunung Nuryartono, Kementan harus benar-benar memastikan semua kesiapan di sektor pertanian untuk mewujudkan target itu.

"Infrastruktur pertanian harus disiapkan. Infrastruktur yang baik, mulai penyediaan sarana produksi sampai panen dan seterusnya, bisa perbankan, regulasi serta lainnya," ujar Nunung, Jumat (12/10).

Dia menambahkan, usaha mewujudkan Indonesia sebagai lumbung pangan dunia tidak boleh mengabaikan tingkat kesejahteraan petani. ukan sekadar mendongkrak angka produksi pertanian.

"Jadi, bagaimana agar tidak hanya di produksi (pertanian), teapi juga meningkatkan kesejahteraan para petani yang melakukan kegiatan produksi itu," ucap dekan Fakultas Ekonomi dan Manajemen IPB itu.

Subsektor lainnya yang perlu dicermati, kata Nunung, adalah ketersediaan lahan pertanian untuk menuju Indonesia sebagai negara yang mampu memasok kebutuhan pangan dunia.

Nunung menilai ketersediaan lahan perlu dilakukan secara sistematis.

Sebab, semakin melonjaknya pertumbuhan penduduk menyebabkan konveksi.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar