Targetkan Indonesia Lumbung Pangan, Mentan Amran Lakukan Ini

Targetkan Indonesia Lumbung Pangan, Mentan Amran Lakukan Ini
Mentan Amran pada Launching enam Polbangtan se Indonesia yang secara simbolis dilakukan di Polbangtan Bogor, Selasa (18/9). Foto: dok. Humas Kementan

jpnn.com, JAKARTA - Jelang empat tahun pemerintahan Jokowi – JK, berbagai upaya telah dilakukan untuk menggenjot produktivitas pertanian. Target utama telah ditetapkan pemerintah adalah mewujudkan Indonesia sebagai Lumbung Pangan Dunia pada tahun 2045.

Kepala Biro Humas dan Informasi Publik Kementan Kuntoro Andri Boga menyebutkan bahwa pemerintah memahami bahwa untuk mencapai kedaulatan pangan, Indonesia menghadapi berbagai tantangan. “Untuk itu, Pak Mentan selalu mendorong kami untuk berpikir “out of the box”. Setiap tantangan justru diubah menjadi kesempatan yang justru menguntungkan kita dalam upaya meraih kedaulatan pangan,” ungkap Boga di Kantor Pusat Kementerian Pertanian, Ragunan, Jakarta Selatan, Senin (24/9).

Salah satu persoalan yang membayangi sektor pertanian sejak lama adalah konversi lahan pertanian. Di sejumlah sentra produksi pertanian, lahan produktif beralih fungsi menjadi lahan perumahan maupun industri. Tapi kondisi ini tidak membuat Kementan berpangku tangan. Melalui Ditjen Tanaman Pangan, Kementan menjalankan program Perluasan Areal Tanam Baru (PATB). Untuk meningkatkan luas areal tanam baru, Kementan tidak lagi terpaku pada lahan irigasi, tapi justru memanfaatkan lahan suboptimal, seperti lahan kering dan rawa.

“Berdasarkan data Balai Besar Sumberdaya Lahan Pertanian (BBSDLP) total lahan rawa pasang surut yang berpotensi menjadi lahan pertanian adalah 3,5 juta hektare dan lahan rawa lebak sebesar 15 juta hektare. Sementara untuk lahan kering yang berpotensi untuk menjadi lahan produktif adalah 24 juta hektare. Lahan tersebut tersebar di Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Sumatera Selatan dan Lampung,” ungkap Boga.

Di tengah kenaikan jumlah penduduk dari tahun 2014-2018 yang mencapai 12,8 juta jiwa, optimalisasi sumberdaya lahan kering dan rawa menjadi lahan pertanian, menurut Boga diperlukan sebagai strategi kunci meningkatkan produksi pertanian dalam pemenuhan pangan penduduk Indonesia yang jumlahnya saat ini mencapai 265 juta dan akan terus meningkat setiap tahunnya. “Optimasi lahan rawa dan kering harus dilakukan sehingga kita meletakkan pondasi bagi generasi kita ke depan,” tuturnya.

Selain permasalahan konversi lahan pertanian, pemerintah juga dihadapi dengan permasalahan dampak perubahan iklim. Musim kemarau kali ini, misalnya, data Data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menunjukkan kemarau panjang yang terjadi di Indonesia akan terus memuncak hingga September 2018 mendatang. BMKG menyebutkan terjadi penurunan signifikan curah hujan pada bulan Juni - Agustus 2018 dibandingkan curah hujan tahun 2017 yang lebih fluktuatif. Penurunan terbesar pada bulan Agustus 2018 sebesar 32.21 (mm) sedangkan pada Agustus 2017 sebesar 138.47 (mm).

Menyikapi musim kemarau yang berdurasi lebih panjang kali ini, Kementan justru menjadikannya sebagai kesempatan baik yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan produktivitas pertanian. Boga menyampaikan musim kemarau sebagai sebuah keniscayaan selayaknya tidak menjadi halangan untuk berproduksi. “Musim kemarau seharusnya bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin karena hama lebih sedikit, sinar matahari cukup baik untuk fotosintesis dan proses pengeringan. Jadi kualitas gabah lebih baik, biaya produksi juga bisa ditekan,” tuturnya.

Kementan, menurut Boga, optimistis produksi padi di semester dua tahun 2018 masih akan maksimal. Kemarau yang terjadi saat ini memang dapat berdampak terhadap ancaman kekeringan pada pertanaman padi yang masih belum panen, bahkan berpotensi menyebabkan puso (gagal panen). Namun lahan yang terkena dampak kekeringan menurut data Direktorat Jenderal Tanaman Pangan (Ditjen TP) Kementan, kecil jika dibandingkan dengan luas tanam padi yang ada.

Target utama telah ditetapkan pemerintah adalah mewujudkan Indonesia sebagai Lumbung Pangan Dunia pada tahun 2045.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News