Kementan Minta Pengusaha Sarang Burung Walet Terus Tingkatkan Kualitas

Kementan Minta Pengusaha Sarang Burung Walet Terus Tingkatkan Kualitas
Kementan dan Gubernur Jawa Tengah melepas ekspor sarang burung walet. Foto: Humas Kementan

jpnn.com, SEMARANG - Kepala Badan Karantina Kementerian Pertanian (Kementan) Ali Jamil meminta kepada seluruh pelaku usaha sarang burung walet di Jawa Tengah untuk terus meningkatkan kualitas. Hal ini dilakukan agar pasar ekspor semakin berminat dengan komoditas tersebut.

“Potensi sarang burung walet sangat luar biasa. Apalagi negara kita merupakan habitat utama yang paling cocok dengan perkembangbiakan walet," ujar Ali Jamil saat melepas ekspor sarang burung walet asal Jawa Tengah sebanyak 181 kg tujuan Tiongkok di Kantor Karantina Pertanian Semarang, Rabu (21/8).

BACA JUGA: Ngaku Uang Perusahaan Dijambret, Ternyata Dihabiskan untuk Berbuat Hal Terlarang

Jamil mengatakan, Indonesia adalah pemasok terbesar pasar global, bahkan hingga 78 persen. Untuk ekspor sarang burung walet Indonesia 2018 diperkirakan mencapai Rp 40 triliun.

"Ini potensi besar dan telah terbukti menghasilkan devisa. Dan tata niaganya akan terus dikawal agar dapat terus bertumbuh dan memenuhi peluang pasar ekspor yang ada.

Sementara itu, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengapresiasi Kementan yang sudah memberikan layanan khusus pada komoditas pertanian asal wilayah kerjanya untuk dapat diekspor..

Ganjar juga mengapresiasi para eksportir yang sudah melakukan upaya agar komoditas pertanian Jawa Tengah bisa tembus pasar Internasional.

BACA JUGA: Cara Edy Rahmayadi Memotivasi Para Pemain PSMS Medan

Kepala Badan Karantina Kementerian Pertanian (Kementan) Ali Jamil meminta kepada seluruh pelaku usaha sarang burung walet di Jawa Tengah untuk terus meningkatkan kualitas. Hal ini dilakukan agar pasar ekspor semakin berminat dengan komoditas tersebut.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News