Selasa, 22 Mei 2018 – 11:23 WIB

Kementan Pangkas Anggaran Perjalanan Dinas Hingga Rp 800 M

Sabtu, 10 Februari 2018 – 22:09 WIB
Kementan Pangkas Anggaran Perjalanan Dinas Hingga Rp 800 M - JPNN.COM

jpnn.com, BANJARMASIN - Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman sangat serius untuk mensejahterakan para petani. Salah satunya dengan memangkas habis anggaran ratusan miliar untuk produksi petani.

Total ada Rp 800 miliar anggaran perjalanan dinas dialokasikan ke peningkatan produksi tanaman pangan dan membantu petani.

Menurut Amran, bukan hanya perjalanan dinas, saat ini beberapa pos APBN kementerian pertanian juga ditiadakan, seperti untuk pengadaan mobil, kendaraan roda dua, dan lainnya.

"Ada sekitar 85 persen dari APBN Kementan dialokasikan untuk meningkatkan produksi seluruh sektor tanaman pangan dan membantu petani," ucap dia di Banjarmasin, Sabtu (10/2).

Dia lantas membandingkan dengan 2014, ketika itu anggaran 45 persennya untuk keperluan perjalanan dinas, cipika-cipika atau kegiatan serimonial yang tidak terlalu penting dan lainnya, sedangkan sisanya baru untuk peningkatan produksi.

"Seluruh biaya cipika-cipiki dan program yang tidak perlu, mulai kita hilangkan, saat ini, kita akan fokus ke produksi," tegas dia.

Dia menambahkan, kebijaan anggaran itu sudah mampu meningkatkan kinerja sektor pertanian sangat signifikan, sehingga Indonesia, yang sejak beberapa tahun terakhir selalu mengimpor, kini mulai mengekspor.

"Itu baru satu kebijakan, kami sudah banyak membuat perubahan yang bisa mengangkat derajat petani, apalagi kalau diimbangi dengan kerja yang lebih giat," tambahnya.

SHARES
TAGS   Kementan
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar