Kementan Pastikan Bawang Merah dari Pati Amankan Stok Lebaran

Kementan Pastikan Bawang Merah dari Pati Amankan Stok Lebaran
Mentan SYL saat melakukan panen bawang beberapa waktu lalu. Foto: Humas Kementan

jpnn.com, PATI - Kabupaten Pati yang merupakan salah satu kawasan penghasil bawang merah terbesar di Jawa Tengah memiliki setidaknya 549 hektare pertanaman bawang merah yang siap panen bulan ini.

Prihasto Setyanto selaku Direktur Jenderal Hortikultura Kementerian Pertanian (Kementan) mengatakan, dengan luasan panen tersebut, Pati dipastikan mampu mendukung suplai bawang merah nasional terutama menjelang Lebaran nanti.

“Kami saksikan sendiri betapa gigihnya petani bawang merah Pati dalam bekerja di lahan. Mereka seakan tidak gentar dengan Covid-19 yang menghantui masyarakat kebanyakan,” ujar Prihasto dalam keterangannya, Jumat (24/4).

Prihasto pun berkesempatan langsung untuk mengecek aktivitas petani dalam bekerja di lahan.

Dia memastikan, dalam bekerja, petani tetap mengutamakan protokol kesehatan.

“Kami terjun langsung ke lapangan bukan untuk pencitraan atau sejenisnya, tetapi ini amanat Presiden langsung melalui Menteri Pertanian dalam menjaga ketahanan pangan,” tegas dia.

Menurut dia, sektor pertanian tidak boleh berhenti dalam kondisi kritis seperti ini. Pasalnya pertanian mengurusi pangan 267 juta rakyat Indonesia

Dalam kunjungan ke daerah tempatnya dibesarkan selama 20 tahun tersebut, Prihasto melakukan pantauan di tiga lokasi sekaligus yakni Desa Ngurensiti dan Desa Bangsalrejo, Kecamatan Wedarijeksa serta Desa Tegal Arum, Kecamatan Jaken.

Pihak Kementan saksikan sendiri gigihnya petani bawang merah di Pati dalam bekerja di lahan meski di masa pandemi corona.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News