Kementan Perlu Perbaiki Infrastruktur Demi Produktivitas

Kementan Perlu Perbaiki Infrastruktur Demi Produktivitas
Lahan pertanian. Ilustrasi Foto: Humas Kementan

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi IV DPR RI Fadholi menyatakan Kementerian Pertanian (Kementan) harus memperbaiki insfrastruktur pertanian guna meningkatkan produktivitas dan kesejaheraan petani domestik.

"Persoalan infrastruktur pertanian harus betul-betul diperbaiki karena kalau tidak ada saluran irigasinya susah," kata Fadholi di Jakarta.

Fadholi memberikan sejumlah catatan yang harus dikerjakan Kementan untuk meningkatkan produktivitas pertanian yang berujung kepada kesejahteraan para petani.

Salah satunya, pendampingan kepada para petani dan modernisasi alat produksi, serta proses pertanian harus terus digenjot melalui pendekatan berbasis teknologi.

"Ini menjadi bagian yang tidak boleh tidak dilakukan, masih perlu perbaikan," kata dia.

Sementara itu, Direktur Center For Budget Analysis (CBA) Uchok Sky Khadafi mengatakan, perbaikan infrastruktur untuk meningkatkan kesejahteraan petani bisa lewat pengeolaan anggaran.

Dia menambahkan, satu pos Direktorat Jenderal Ketahanan Pangan Kementan senilai Rp 6,4 triliun pada 2018 bisa mendorong infrastruktur pertanian jika dikelola dengan baik.

Uchok mencontohkan pengelolaan tanaman serealia yang mencapai Rp 4 triliun.

Kementan disarankan untuk memaksimalkan fungsi KPK agar menekan jajaran ke bawah tertib dalam menggunakan anggaran

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News