Jumat, 20 Oktober 2017 – 13:55 WIB

Kementan Promosikan Sapi Siwab NTT Pada Delegasi Timor Leste

Jumat, 13 Oktober 2017 – 07:16 WIB
Kementan Promosikan Sapi Siwab NTT Pada Delegasi Timor Leste - JPNN.COM

jpnn.com, MALAKA - Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Ditjen PKH) melakukan kawin suntik atau Inseminasi Buatan (IB) pada sapi milik peternak di Kabupaten Malaka NTT, baru-baru ini.

Kegiatan ini ditunjukkan pada delegasi Timor Leste yang berkunjung di Gebyar Siwab di Kabupaten Malaka setelah menghadiri penyerahan bawang merah ekspor di perbatasan kedua negara.

Proses IB sapi IB ini ditunjukkan oleh Dirjen PKH I Ketut Diarmita, penanggungjawab Program Upaya Khusus Provinsi NTT Ani Andayani, Panglima Kodam IX/Udayana Mayjen TNI Komaruddin Simanjuntak, Bupati Kabupaten Malaka Stefanus Bria Seran, Bupati Belu Willy Brodus Lay, Kepala Dinas Peternakan NTT Dani Suhadi dan Kepala Dinas Pertanian Yohanes Tay Ruba.

“Pelaksanaan kegiatan IB massal di Kabupaten Malaka ini ditujukan agar sapi-sapi milik peternak menjadi bunting, sehingga akan lahir pedet-pedet yang akan menambah populasi sapi di Kabupaten ini”, kata I Ketut Diarmita saat memberikan sambutan pada acara Gebyar Siwab dalam rangkaian acara Launching Komoditas Ekspor Pertanian di daerah perbatasan dengan Timor Leste.

Diarmita menjelaskan, kegiatan IB massal dalam Gebyar Siwab ini juga dimaksudkan agar baik petugas maupun peternak termotivasi dalam pelaksanaan Upaya Khusus Sapi Indukan Wajib Bunting (Upsus Siwab), yang salah satunya melalui penerapan teknologi IB.

Menurutnya, Provinsi NTT merupakan salah satu produsen sapi potong yang mensuplai kebutuhan daging sapi di wilayah Jabodetabek.

Namun, dalam hal pelayanan IB, NTT merupakan salah satu daerah introduksi, yang sebagian besar wilayahnya baru diperkenalkan teknologi IB.

SHARES
TAGS   Kementan
loading...
loading...
Komentar