Kementan Sebut Vaksin PMK Tahap Kedua Tiba Malam Ini, Sebegini Jumlahnya

Kementan Sebut Vaksin PMK Tahap Kedua Tiba Malam Ini, Sebegini Jumlahnya
Kementerian Pertanian (Kementan) vaksin PMK tahap kedua akan tiba malam ini di andara Soekarno-Hatta.. Foto: Humas Kementan

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Pertanian (Kementan) langsung bergerak cepat melakukan penanganan wabah penyakit mulut dan kukut sejak kasus pertama ditemukan di Indonesia.

Salah satunya ialah mengadakan vaksinasi PMK.

Kepala Biro Humas dan Informasi Publik Kementan Kuntoro Boga mengatakan pemerintah mempersiapkan pengadaan 3 juta dosis vaksin PMK darurat.

Menurut dia, vaksin tahap pertama telah tiba pada hari Minggu (12/6) lalu sebanyak 10.000 dosis.

"Kami melakukan vaksinasi perdana 14 Juni 2022 lalu di dua peternakan sapi rakyat yang berlokasi di Kabupaten Sidoarjo, Provinsi Jawa-Timur," ungkap Kuntoro dalam siaran persnya, Kamis (16/6).

Dia menambahkan tahap kedua vaksin PMK dengan total 800 ribu dosis akan tiba di Indonesia pada Kamis (16/6) malam, pukul 22.10 WIB melalui Bandara Soekarno-Hatta.

Mengingat jumlah vaksin darurat masih sangat terbatas, Kuntoro menegaskan vaksinasi akan diprioritaskan untuk hewan sehat yang berada di zona merah dan kuning.

Demi menghambat penyebaran virus PMK pemerintah mengimbau agar peternak tetap menjaga biosekuriti kandang ternak masing-masing dan mengurangi lalu lintas ternak di zona merah.

Kementerian Pertanian (Kementan) vaksin PMK tahap kedua akan tiba malam ini di andara Soekarno-Hatta.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News