Kementan Terus Serahkan Alsintan kepada Petani

Kementan Terus Serahkan Alsintan kepada Petani
Ilustrasi alsintan. Foto: Kementan

jpnn.com, KEBUMEN - Kementerian Pertanian (Kementan) bersama Dewan Perwakilan Rakyat (DPR RI) menyerahkan bantuan alat dan mesin pertanian (alsintan) prapanen dan pascapanen kepada gabungan kelompok tani (Gapoktan) se-Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah.

Bantuan diserahkan langsung oleh Ketua DPR Bambang Soesatyo (Bamsoet). Adapun alsintan yang diberikan adalah satu traktor roda empat, 25 traktor roda dua, 14 pompa air empat inch, delaan pompa air delapan inch, 50 hand sprayer, dan lima power thesher.

Selain Bamsoet, hadir dalam acara tersebut antara lain Dirjen Sarana dan Prasarana Pertanian Kementerian Pertanian Sarwo Edy, Anggota IV Badan Pemeriksa Keuangan Rizal Djalil, Bupati Kabupaten Kebumen Yazid Mahfudz, Kapolres Kabupaten Kebumen AKBP Robertho Pardede, dan Komandan Kodim 0709/Kebumen Letkol Inf. Zamril Philiang.

Pendistribusian alsintan ini adalah salah satu strategi pemerintahan Presiden Joko Widodo bersama DPR RI untuk menyempurnakan manajemen teknis guna mendongkrak produksi pertanian. 

Dengan begitu, menurut Bamsoet, petani juga bisa lebih nyaman mengelola lahan karena tidak perlu memikirkan pengeluaran uang untuk membeli alsintan.

DPR RI selalu memastikan agar petani terfasilitasi dengan baik, mulai benih, bibit, pupuk, irigasi, sampai ke pemasaran hasil pertanian.

"Saya percaya, menyejahterakan bangsa Indonesia salah satu caranya harus dimulai dengan menyejahterakan petaninya,” ujar Bamsoet saat menyerahkan bantuan Alsintan di Desa Entak, Kecamatan Ambal, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, Jumat, (22/2/).

Legislator Partai Golkar Dapil VII Jawa Tengah yang meliputi Kabupaten Purbalingga, Banjarnegara, dan Kebumen ini memaparkan, berdasarkan data Kementerian Pertanian, potensi lahan pengembangan pertanian padi, jagung, kedelai, dan ubi kayu (PJKU) di Kabupaten Kebumen mencapai 45.331 hektare.

Kementerian Pertanian (Kementan) bersama Dewan Perwakilan Rakyat (DPR RI) menyerahkan bantuan alat dan mesin pertanian (alsintan) prapanen dan pascapanen kepada gabungan kelompok tani (Gapoktan) se-Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News