Kementan-TNI Ciptakan 200 Ribu Hektare Sawah Baru pada 2015-2018

Kementan-TNI Ciptakan 200 Ribu Hektare Sawah Baru pada 2015-2018
Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementerian Pertanian (Kementan) Sarwo Edhy menyaksikan penandatangan memorandum of understanding (MoU) dan kontrak sejumlah daerah dan TNI. Foto: Kementan

jpnn.com, BOGOR - Dalam upaya percepatan pelaksanaan kegaiatan cetak sawah tahun 2019, sejumlah daerah dan TNI melakukan penandatangan memorandum of understanding (MoU) dan kontrak di LorIn Hotel  Sentul, Bogor, 29 Maret 2019.

MoU ini dilakukan antara Kepala Dinas Pertanian Provinsi Aceh, Lampung, Kalteng, Kaltara, Sulsel, Sulteng, Sultra dan Papua dengan Kasdam. Sementara itu, 28 kepala dinas kabupaten dengan Danrem/Dandim.

Turut menyaksikan penandantanganan ini ialah Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementerian Pertanian (Kementan) Sarwo Edhy, Aster Kasad Mayjen TNI Agus Bakti Fadjari, Sekretaris Ditjen PSP Kementan Mulyadi Hendiawan, Direktur Perluasan dan Perlindungan Lahan Indah Megawati, Wakil Aster Kasad dan Para Pati Pamen Denma Mabes AD.

Sarwo Edhy menyampaikan, sinergitas Kementan dengan TNI AD telah diwujudkan dalam berbagai kegiatan. Di antaranya pengawalan Luas Tambah Tanam (LTT), Pengawalan Serap Gabah (Sergab) bahkan Penyaluran Pupuk Bersubsidi.

"Khusus untuk kegiatan cetak sawah, dari tahun 2015 sampai dengan 2018, hasil kerja sama dengan TNI berhasil mencetak sawah baru lebih dari 200 ribu hektare yang tersebar di wilayah indonesia," ujar Sarwo Edhy.

Apresiasi kepada jajaran TNI disampaikan Dirjen PSP dengan diiringi komitmen untuk terus mengawal sawah-sawah baru.

Hal itu berguna bagi petani penerima manfaat terutama dalam hal peningkatan kesejahteraan.

"MoU dan kontrak yang telah ditandatangani merupakan dokumen legal sebagai dasar pelaksanaan kegiatan konstruksi cetak sawah 2019," jelasnya.

Dalam upaya percepatan pelaksanaan kegaiatan cetak sawah tahun 2019, sejumlah daerah dan TNI melakukan penandatangan memorandum of understanding (MoU) dan kontrak di LorIn Hotel Sentul, Bogor, 29 Maret 2019.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News