Kementerian ESDM Luncurkan Gerakan Sadar Energi

Kementerian ESDM Luncurkan Gerakan Sadar Energi
Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Susilo Siswoutomo. Getty Images

jpnn.com - JAKARTA - Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Susilo Siswoutomo resmi meluncurkan kampanye Sadar Energi bertajuk "Untuk Kelangsungan Hidup Bangsa" di Studio I XXI Epicentrum, Jakarta Selatan, Selasa (3/6).

Susilo mengatakan gerakan tersebut terinspirasi oleh Catur Dharma Energi yang dicetuskan Menteri ESDM Jero Wacik dan tertuang dalam Keputusan Menteri ESDM nomor 4051 tahun 2013 dengan tujuan untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat dan tercapainya ketahanan energi nasional.

"Pak Menteri ESDM betul mengeluarkan catur dharma tadi, di antaranya tingkatkan produksi, kurangi ketergantungan impor, galakkan pengembangan energi baru terbarukan dan yang terakhir, hemat. Ini satu rangkaian yang tidak boleh dipisahkan," kata Susilo.

Melalui gerakan sadar energi itu diharapkan masyarakat tidak hanya secara kognitif menyadari cara hidup hemat energi, tetapi juga dalam perilaku sehari-hari efektif dan kognitif.

"Kegiatan ini diharapkan memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pelaksanaan Catur Dharma Energi," harapnya. Acara itu sendiri dihadiri berbagai kalangan mulai dari pengusaha, guru hingga pelajar dan mahasiswa.

Gerakan sadar energi ini juga diisi serangkaian kegiatan kampanye diberbagai daerah, Papua, Makassar, Bandung dan Bali, setelah sebelumnya di Yogyakarta, yang diisi pemutaran film animasi dan lomba film pendek, penyerahan buku dan pagelaran musik. (fat/jpnn)

 


JAKARTA - Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Susilo Siswoutomo resmi meluncurkan kampanye Sadar Energi bertajuk "Untuk Kelangsungan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News