Kementerian PAN Loloskan Lulusan SMK

Kementerian PAN Loloskan Lulusan SMK
Kementerian PAN Loloskan Lulusan SMK
JAKARTA - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (PAN) akhirnya meloloskan lulusan SMK dalam rincian formasi CPNS 2009. Meski demikian, jumlahnya dibatasi dan hanya berlaku di daerah-daerah tertentu, antara lain termasuk di Sulawesi Utara (Sulut). "Yang dikabulkan itu hanya permintaan Pemda di Kawasan Timur Indonesia, salah satunya Sulut, karena SDM-nya terbatas," ungkap Kuniyati, Asisten Deputi Menpan Bidang SDM, yang dihubungi Senin (24/8).

Diakui Kuniyati, dalam rincian formasi CPNS tahun ini, masih ada daerah-daerah yang memasukkan tenaga SMA/SMK, dengan alasan sesuai kebutuhan. Itulah sebabnya, Kementerian PAN masih meloloskan lulusan SMK - minus SMA - terutama dari jurusan perkantoran, penyuluh pertanian dan lain-lain.

"Kalau SMA kita tidak loloskan, karena mereka tidak siap kerja, tapi harus melanjutkan ke perguruan tinggi. Beda dengan SMK, mereka memang dididik untuk terjun ke dunia kerja," ulasnya.

Sedangkan untuk daerah bagian barat Indonesia, lanjut Kuniyati, rata-rata memasukkan rincian formasi CPNS dengan kualifikasi paling rendah lulusan DII. "Di Riau malah, paling banyak diajukan lulusan S1 dan S2, ditambah beberapa lulusan DIII/DIV. Ini karena pemerintah Riau ingin SDM-nya lebih profesional," terangnya.

JAKARTA - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (PAN) akhirnya meloloskan lulusan SMK dalam rincian formasi CPNS 2009. Meski demikian, jumlahnya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News