Kementerian PUPR Bakal Terapkan Konsep Infrastruktur Hijau di IKN Nusantara

Kementerian PUPR Bakal Terapkan Konsep Infrastruktur Hijau di IKN Nusantara
Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR Diana Kusumastuti.Foto: Tangkapan layar dalam acara Green Economy Indonesia Summit 2022, Rabu (11/5).

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berencana menerapkan konsep infrastruktur hijau pada pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR Diana Kusumastuti mengatakan konsep tersebut diterapkan di IKN untuk mengangkat konsep pengembangan kota yang cerdas, inovatif, dan inklusif dengan mengedepankan prinsip global dengan kearifan lokal.

"IKN juga dikembangkan sebagai kota modern untuk memenuhi standar infrastruktur berkelas dunia. Ini juga mengaplikasikan teknologi pintar untuk mewujudkan kota layak huni," ujar Diana dalam acara Green Economy Indonesia Summit 2022, Rabu (11/5).

Menurut Diana, IKN tidak hanya berfungsi sebagai kota pintar tetapi tempat modern yang menerapkan teknologi pintar untuk menciptakan kota layak huni, berketahanan, dan berkelanjutan.

"Kami juga mengimplementasikan teknologi modern energi terbarukan bersama Kementerian ESDM dan kementerian lain yang memiliki sejumlah Key Performance Indicator (KPI) khusus untuk menjaga lingkungan yang berkelanjutan di IKN," kata Diana.

Kementerian PUPR terus berkomitmen melakukan pembangunan infrastruktur berbasis lingkungan dengan mengedepankan sejumlah prinsip.

Dengan demikian, diharapkan generasi muda secara inklusif dapat berkontribusi dan berpartisipasi untuk mengakomodasi inovasi pada tiga area yang diprioritaskan pertumbuhannya, dari sektor kesehatan, energi, dan ekonomi. (mcr28/jpnn)


Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berencana menerapkan konsep infrastruktur hijau pada pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.


Redaktur : M. Rasyid Ridha
Reporter : Wenti Ayu Apsari

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News