Kementerian PUPR Pastikan Produk Baja dan Jasa Penunjang di IKN Sangat Diperlukan

Kementerian PUPR Pastikan Produk Baja dan Jasa Penunjang di IKN Sangat Diperlukan
Penandatanganan nota kesepahaman antara PT Krakatau Steel (Persero) Tbk dengan PT Karya Logistik Nusantara terkait penyediaan produk baja dan jasa penunjangnya dalam rangka pembangunan IKN Nusantara, Rabu (18/10). Foto: Dokumentasi Bagian Hukum dan Komunikasi Publik Kementerian PUPR

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR Iwan Suprijanto memastikan penyediaan produk baja dan jasa penunjangnya dalam pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara sangat diperlukan.

Untuk itu, kata Dirjen Iwan, Kementerian PUPR mendorong agar produsen baja nasional dan kontraktor mengutamakan produk baja dalam negeri dalam pembangunan IKN.

“Semakin masifnya pembangunan IKN saat ini tentunya akan semakin membutuhkan produk baja dan jasa penunjangnya,” kata Dirjen Iwan Suprijanto di sela-sela penandatanganan nota kesepahaman antara PT. Krakatau Steel (Persero) Tbk dengan PT Karya Logistik Nusantara, Rabu (18/10).

Penandangan kerja sama keduanya yang berlangsung di Gedung Krakatau Steel, Jakarta mencakup penyediaan produk baja dan jasa penunjangnya dalam rangka pembangunan IKN Nusantara.

Menurut Dirjen Iwan, IKN juga menjadi ajang bagi produsen baja nasional dan BUMN untuk menunjukkan kualitas produksi, pekerjaan dan sinergi dalam proses pembangunan di lapangan.

Selain itu, jasa logistik pelabuhan dan produk baja nasional ke depan juga harus semakin dapat kepercayaan agar bisa bersaing secara sehat.

Terkait dengan pasokan baja ke IKN, Dirjen Iwan menilai perlu adanya konsolidasi sehingga barang yang dikirimkan tidak hanya berupa lonjoran batang baja secara utuh, tetapi sebisa mungkin sudah dirancang agar bisa langsung dirangkit dan dipasang ketika sampai di tempat proyek pembangunan.

Dirjen Iwan menambahkan Kementerian PUPR juga mendorong penerapkan revolusi konstruksi dengan konsep pembangunan yang meminimalisir sampah konstruksi atau minimum waste construction.

Kementerian PUPR mendorong agar produsen baja nasional dan kontraktor mengutamakan produk baja dalam negeri dalam pembangunan IKN Nusantara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News