Kementerian PUPR Ungkap Peluang Besar Investasi Perumahan dan Properti di IKN

Kementerian PUPR Ungkap Peluang Besar Investasi Perumahan dan Properti di IKN
Dirjen Perumahan Kementerian PUPR Iwan Suprijanto peluang besar investasi perumahan dan properti di IKN Nusantara. Foto: Dokumentasi Bagian Hukum dan Komunikasi Publik Kementerian PUPR

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengungkapkan peluang masuknya investasi di bidang perumahan dan properti di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara sangat prospektif.

Kebutuhan rumah di IKN sesuai dengan Perpres 63/2022 tentang Perincian Rencana Induk Ibu Kota Nusantara diperkirakan sebanyak 16 ribu unit.

Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR Iwan Suprijanto menegaskan pemerintah sangat membuka peluang masuknya investasi di bidang perumahan dan properti di IKN.

"Kebutuhan rumah di IKN sangat besar, karena pusat pemerintahan akan pindah ke sana diikuti dengan para Aparatur Sipil Negara (ASN) dan petugas Hankam serta masyarakat umum," kata Dirjen Iwan Suprijanto di Jakarta, Senin (13/11).

Dirjen Iwan menjelaskan pada pembangunan perumahan di IKN untuk tahap I akan dibangun sebanyak 2.500 unit dengan APBN, dan 3 ribu unit melalui skema kerja sama pemerintah dan badan usaha (KPBU).

Selanjutnya, pemerintah juga memberikan dukungan kemudahan berusaha, berupa insentif fiskal dan non-fiskal kepada investor di IKN sesuai dengan ketentuan PP 12 tahun 2023, yang meliputi insentif perpajakan, fasilitas pajak khusus dan penerimaan khusus, fasilitasi penyediaan lahan, dan fasilitasi sarana prasarana.

"Dalam pembangunan rumah dan berbagai sarana tersebut tentunya harus tetap memperhatikan keberlanjutan dan kelestarian lingkungan yang ada. Hal itu sesuai dengan konsep pembangunan IKN yakni smart and green," terangnya.

Sementara itu, Direktur Rumah Umum dan Komersial Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR Fitrah Nur menambahkan pemerintah tetap optimistis sektor perumahan dan properti akan tetap tumbuh kuat dengan semakin masifnya pembangunan infrastruktur di IKN.

Dirjen Perumahan Kementerian PUPR Iwan Suprijanto peluang besar investasi perumahan dan properti di IKN Nusantara, simak kalimatnya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News