Kemiskinan Vietnam Dikaitkan HUT Kemerdekaan RI, Parah nih!

Kemiskinan Vietnam Dikaitkan HUT Kemerdekaan RI, Parah nih!
Foto: Hoaks

jpnn.com, JAKARTA - Belum lama ini beredar pesan berantai berisi sebuah foto kemiskinan. Dalam foto itu, ada anak-anak yang sedang belajar di ruang kelas seadanya.

Kondisinya melas. Kelas berlantai tanah. Bangku-bangku yang digunakan kumal. Seorang anak yang mengikuti kegiatan belajar-mengajar bahkan berpakaian compang-camping. Sobek hingga separo badan.

Foto tersebut banyak tersebar di Facebook. Beberapa netizen juga mengaku menerima foto yang sama di grup instant messaging.

Di Facebook foto itu mudah ditemukan dengan keyword ”mencari kemerdekaan di negeri ini…!”. Entah siapa yang memulai menyebarkan foto tersebut.

Sebenarnya, kalau sekadar disebarkan tanpa caption, foto itu bukanlah hoaks. Tapi, foto tersebut sengaja diberi caption seolah-olah kejadian itu ada di Indonesia.

Rata-rata keterangan fotonya sama, MEREKA YG SEDANG MENCARI KEMERDEKAAN DI NEGERI INI ...! Padahal, foto tersebut sebenarnya potret kemiskinan di sebuah daerah di dataran tinggi Vietnam.

Foto yang sama bisa ditemukan di beberapa situs berbahasa Vietnam. Salah satunya portal berita perempuan phununews.vn.

Foto yang sama pernah digunakan situs berbahasa Vietnam untuk mengkritik kebijakan pemerintah setempat.

Belum lama ini beredar pesan berantai berisi sebuah foto kemiskinan. Dalam foto itu, ada anak-anak yang sedang belajar di ruang kelas seadanya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News