Kemlu Tetapkan Sembilan Target Diplomasi

Kemlu Tetapkan Sembilan Target Diplomasi
Kemlu Tetapkan Sembilan Target Diplomasi
JAKARTA - Kementerian Luar Negeri (Kemlu) telah menetapkan target diplomasi pada tahun 2013 ini. Menteri Luar Negeri (Menlu) Marty Natalegawa menyatakan, ada sembilan target diplomasi yang harus dicapai  tahun ini.

Menurutnya, target pertama adalah mempertajam prioritas kerjasama bilateral dengan mitra strategis dan negara sahabat lainnya. "Di samping peningkatan di bidang perdagangan, investasi dan pariwisata, kerjasama juga mencakup bidang-bidang lain seperti ketahanan pangan, energi, pertahanan, kesehatan dan lingkungan hidup," kata Marty dalam paparan pernyataan pers awal tahun di kantor Kemlu, Pejambon, Jakarta, Jumat (4/1).

Target kedua, diplomasi ekonomi diarahkan pada konsolidasi pasar tradisional dan perluasan pasar non-tradisional. Dipaparkannya, hingga pertengahan 2012 lalu pasar ekspor non-tradisional Indonesia di Afrika, Timur Tengah dan Eropa Timur masing-masing naik sebesar 46 persen, 43 persen dan 87 persen dibanding periode yang sama tahun lalu.

Target ketiga adalah mengintensifkan perundingan perbatasan dengan negara tetangga sesuai dengan kepentingan nasional dan ketentuan norma hukum internasional. Selama 2012, setidaknya sudah dilakukan 32 kali perundingan perbatasan dengan 7 negara tetangga.

JAKARTA - Kementerian Luar Negeri (Kemlu) telah menetapkan target diplomasi pada tahun 2013 ini. Menteri Luar Negeri (Menlu) Marty Natalegawa menyatakan,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News