Kemnaker Ajak Serikat Pekerja Kunjungan ke BBPLK Bekasi

Kemnaker Ajak Serikat Pekerja Kunjungan ke BBPLK Bekasi
Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) melalui Direktorat Jenderal Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Tenaga Kerja (PHI dan Jamsos) mengajak Serikat Pekerja melakukan kunjungan ke BBPLK. Foto: dok Kemnaker

jpnn.com, BEKASI - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) melalui Direktorat Jenderal Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Tenaga Kerja (PHI dan Jamsos) mengundang Serikat Pekerja dan Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) melakukan kunjungan lapangan (kunlap) ke Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) di Bekasi, Jawa Barat, Senin (8/11).

Staf Khusus Menaker Dita Indah Sari, kunlap buruh/pekerja itu sebagai langkah menyiapkan program Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP) bagi para pekerja yang terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).

"Kita berharap teman-teman SP/SB ketika anggotanya ter-PHK, mereka sudah tahu harus ke BLK untuk memperoleh skill baru atau skilling, re-skilling, dan up-skilling," ujar Dita di Bekasi.

Dita menambahkan, selama ini BLK hanya dikenal oleh kalangan pengusaha dan pemerintah.

Selain itu, teman-teman SP/SB tidak mengetahui bagaimana cara mengakses BLK agar memperoleh berbagai program pelatihan.

"Dalam kunjungan ini kita buat agar mereka paham, kalau mau meningkatkan upah, tingkatkan juga produktivitas dan kompetensi. Kemana? Ke BLK," ungkapnya.

"Jadi, kalau menuntut peningkatan upah itu dasarnya kompetensi dan produktivitas. Nah, itu diajarkan di BLK," sambung dia.

Sekretaris Ditjen PHI Jamsos Kemnaker Surya Lukita Warman juga mengatakan selama kunjungan rombongan dan Apindo memperoleh penjelasan seputar program peningkatan kompetensi tenaga kerja melalui pelatihan di BBPLK Bekasi.

Setelah memperoleh paparan, dilanjutkan mengunjungi aktivitas berbagai bidang di workshop tersebut.

Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) melalui Direktorat Jenderal Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Tenaga Kerja (PHI dan Jamsos) mengajak Serikat Pekerja melakukan kunjungan ke BBPLK.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News