Kemnaker Berharap Imigrasi Awasi Ketat Perlintasan untuk Mencegah PMI Nonprosedural

Kemnaker Berharap Imigrasi Awasi Ketat Perlintasan untuk Mencegah PMI Nonprosedural
Wakil Menteri Ketenagakerjaan Afriansyah Noor (kiri) saat menerima kunjungan Dirjen Imigrasi Silmy Karim di kantor Kemnaker, Kamis (30/3). Foto: Dokumentasi Humas Kemnaker

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Menteri Ketenagakerjaan (Wamenaker) Afriansyah Noor berharap Direktorat Jenderal Imigrasi melakukan pengawasan secara ketat di setiap perlintasan dan saat proses pembuatan paspor guna mencegah penempatan pekerja migran Indonesia (PMI) secara nonprosedural.

Penempatan PMI secara nonprosedural akan berakibat terjadinya Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO)

"Untuk memperkuat fungsi pencegahan PMI nonprosedural, kami berharap pengawasan Ditjen Imigrasi lebih selektif di setiap perlintasan (Tempat Pemeriksaan Imigrasi) dan pada saat proses pembuatan paspor, " kata Wamenaker Afriansyah Noor saat menerima kunjungan Dirjen Imigrasi Silmy Karim di kantor Kemnaker, Kamis (30/3).

Wamenaker Afriansyah juga menyampaikan Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) bersama Badan Perlindungan Pekerja Migran (BP2MI) hingga saat ini terus melakukan penyempurnaan dalam pengembangan dan pembangunan integrasi antara aplikasi SIAPKerja dengan Sistem Komputerisasi Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (SISKOP2MI).

Penerbitan rekomendasi paspor bagi calon PMI dalam bentuk surat resmi dari Disnaker kabupaten/kota kepada Kanwil Imigrasi secara manual dapat diterima, dan memerlukan keterlibatan berbagai stakeholder.

"Kami menyadari penerbitan rekomendasi ini merupakan tindakan preventif PMI secara nonprosedural, memerlukan keterlibatan dan kolaborasi berbagai stakeholder, termasuk Imigrasi sebagai garda terdepan pencegahan orang ke luar negeri," ujarnya.

Di dalam aplikasi SIAPKerja bagi pencaker ke luar negeri, pelaksanaannya hingga pembuatan perjanjian penempatan yang disepakati antara CPMI, P3MI dan diketahui oleh Disnaker provinsi/kabupaten/kota.

Setelah itu, proses selanjutnya dilaksanakan oleh SISKOP2MI.

Wamenaker Afriansyah Noor menyampaikan sejumlah harapan saat bertemu Dirjen Imigrasi Silmy Karim terkait upaya mencegah PMI nonprosedural

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News