Kemnaker Berharap Penerapan K3 di Perusahaan Makin Meningkat

Kemnaker Berharap Penerapan K3 di Perusahaan Makin Meningkat
Kemnaker melakukan penyerahan penghargaan ASEAN OSHNET Award ke-3 yang berlangsung di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Foto: Kemnaker

jpnn.com, YOGYAKARTA - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) mengajak jejaring Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) tingkat ASEAN atau Occupational Safety and Health Network (ASEAN OSHNET) mewujudkan kerja layak yang menitikberatkan bidang K3 bagi pekerja di negara-negara anggotanya.

"Kami berharap semoga implementasi K3 di perusahaan akan semakin meningkat seiring dengan peningkatan produktivitas dan berkembangnya usaha," ujar Dirjen Binawasnaker dan K3 Kemnaker Hayani Rumondang terkait penyerahan ASEAN OSHNET Award yang ke-3 di Yogyakarta, Selasa (2/11).

Penghargaan ASEAN OSHNET Award ke-3 kategori Best Practice dari pemerintah diberikan kepada PT Home Ware International Indonesia Yogyakarta di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Untuk kategori Excellence, diterima PT Trakindo Sorowako, Sulawesi Selatan.

"Kami bersyukur dalam momen kali ini, kita dapat bersama-sama menyerahkan ASEAN OSHNET Award ini secara luring kepada PT Home Ware," kata Direktur Bina Kelembagaan K3 Hery Sutanto saat menyerahkan penghargaan ASEAN OSHNET Award ke-3.

ASEAN OSHNET Award ini merupakan ajang pemberian penghargaan sebagai bentuk apresiasi di tingkat ASEAN kepada perusahaan-perusahaan dari masing-masing negara anggota yang memiliki penerapan K3 terbaik.

Proses seleksi untuk menentukan perusahaan pemenang untuk ASEAN OSHNET Award ke-3 ini dilakukan sejak 2019 dengan sejumlah kriteria sesuai Keputusan Dirjen Binwasnaker dan K3 Nomor KEP. 215/BINWASK3/XI/2017 tentang Pedoman Kriteria Penilaian Penerima Penghargaan K3 pada Forum ASEAN (ASEAN OSHNET AWARD).

Hery Sutanto berharap award ini akan menambah semangat dalam upaya pembinaan dan pengawasan ketenagakerjaan dan K3 demi kemajuan implementasi K3 dan peningkatan perlindungan ketenagakerjaan dan mendukung penciptaan iklim investasi yang kondusif.

Kemnaker berharap implementsi K3 di perusahaan semakin meningkat seiring dengan peningkatan produktivitas dan berkembangnya usaha.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News