Kemnaker dan Bank Himbara Berkomitmen Jamin BSU Tanpa Pemotongan

Kemnaker dan Bank Himbara Berkomitmen Jamin BSU Tanpa Pemotongan
Dirjen Binwasnaker dan K3 Kemnaker Haiyani Rumondang saat mendampingi kunjungan spesifik anggota Komisi IX DPR ke Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Foto: Kemnaker.

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) menjamin tidak ada pemotongan dana Bantuan Subsidi Upah (BSU) yang ditransfer ke pekerja atau buruh.

Bahkan Kemnaker terus berupaya memperluas cakupan penerima Program BSU secara nasional di 34 provinsi yang tersebar di 514 kota/kabupaten di Indonesia.

"Terkait pembukaan rekening kolektif, ada yang menyebutkan dipotong untuk buka rekening. Kami sudah berkomitmen dengan Himbara, tidak ada pemotongan," ujar Staf Ahli Menaker Bidang Ekonomi Ketenagakerjaan Aris Wahyudi saat mendampingi kunjungan kerja spesifik anggota Komisi IX DPR ke Denpasar, Bali, Kamis (30/9).

Menurut Aris, penerima BSU yang belum mempunyai rekening Bank Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) akan dibukakan rekening secara kolektif, sehingga dana BSU sebesar Rp 1 juta yang diterima tidak boleh berkurang.

"Jika penerima belum punya rekening Bank Himbara akan dibuatkan rekening di Bank Himbara tanpa potongan sedikitpun," kata Aris Wahyudi.

Secara terpisah, Dirjen Binwasnaker dan K3 Kemnaker Haiyani Rumondang menegaskan sesuai peraturan dan perundang-undangan, penyaluran BSU harus menggunakan Bank Himbara untuk menghindari biaya administrasi.

Hal tersebut disampaikan Haiyani saat mendampingi kunjungan spesifik anggota Komisi IX DPR ke Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Kemnaker juga mendampingi kunjungan spesifik Komisi IX DPR ke Makassar yang dipimpin Wakil Ketua Komisi IX DPR Emanuel Melkiades Laka Lena didampingi Sekretaris Ditjen Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Tenaga Kerja Kemnaker Surya Lukita Warman. (mrk/jpnn)

Staf Ahli Menaker Bidang Ekonomi Ketenagakerjaan Aris Wahyudi memastikan tidak ada pemotongan dana BSU.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News