Kemnaker Jalin Kerja Sama dengan Mitra Instansi untuk Tingkatkan Kompetensi SDM

Kemnaker Jalin Kerja Sama dengan Mitra Instansi untuk Tingkatkan Kompetensi SDM
Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah. Foto: dok Kemnaker

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) menjalin kerja sama dengan 14 mitra instansi dan industri untuk memperkuat pelatihan vokasi di BLK.

Kerja sama itu diharapkan menginspirasi instansi dan industri lain untuk melakukan langkah serupa, guna mengakselerasi peningkatan kompetensi sumber daya manusia (SDM) Indonesia.

Hal itu disampaikan Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah dalam sambutan acara penandatanganan Nota Kesepahaman Bersama antara Direktorat Jenderal Pembinaan Pelatihan Vokasi dan Produktivitas Kemnaker dengan para Mitra Instansi dan Industri Pelatihan Vokasi di Jakarta, Senin (13/12).

Menteri Ida mengatakan akselerasi peningkatan kompetensi SDM diperlukan untuk mengatasi sejumlah tantangan ketenagakerjaan.

Misalnya mismatch ketenagakerjaan, penyiapan SDM menuju bonus demografi, dan mengatasi dampak pandemi COVID-19 di sektor ketenagakerjaan.

Menurut dia salah satu cara yang dapat diupayakan ialah memperkuat kolaborasi dan sinergi kerja seluruh stakeholders ketenagakerjaan.

"Sehingga tidak ada pilihan bagi kita semua selain kerja kolaboratif, kerja sinergi, antara pemerintah dengan pemerintah daerah, antara pemerintah dengan dunia industri," kata dia.

Menaker Ida menyampaikan apresiasinya kepada dunia industri menujukkan komitmennya membangun SDM Indonesia melalui kerja sama dengan pemerintah.

Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) menjalin kerja sama dengan 14 mitra instansi dan industri untuk meningkatkan kompetensi SDM di Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News