Kemnaker Siapkan BLK dan BLKK untuk Dukung Sektor Pariwisata

Kemnaker Siapkan BLK dan BLKK untuk Dukung Sektor Pariwisata
Kemnaker menyiapkan program pelatihan kerja di Balai Latihan Kerja (BLK) dan Balai Latihan Kerja Komunitas (BLKK) untuk medukung penyediaan pekerja terampil di sektor pariwisata. Foto: Kemnaker

jpnn.com, MAGELANG - Kementerian Ketenagakerjaan menyiapkan program pelatihan kerja di Balai Latihan Kerja (BLK) dan Balai Latihan Kerja Komunitas (BLKK) untuk medukung penyediaan pekerja terampil di sektor pariwisata.

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah menyebutkan kawasan wisata Borobudur menjadi salah satu proyek percontohan dalam pelaksanaan program ini.

“Hal ini dilakukan untuk mendukung pengembangan 5 destinasi wisata super prioritas di Indonesia, " ujar Ida Fauziyah dalam acara Sosialisasi Program BLK Komunitas Bidang Pariwisata di sekitar Lingkungan wisata Candi Borobudur, di Magelang , Jum’at, (21/5).

Acara Sosialisasi Program BLK Komunitas Bidang Pariwisata ini merupakan tindaklanjut hasil dari Rakor Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi yang menyepakati bahwa Kementerian ketenagakerjaan memiliki tugas penting dalam penyiapan kompetensi SDM pekerja Pariwisata di Indonesia .

Politikus PKB itu mengatakan Jawa Tengah, khususnya Kawasan wisata Borobudur merupakan salah satu dari 5 destinasi wisata super prioritas yang menjadi fokus pembangunan bagi pemerintah. Menurutnya, pembangunan tidak hanya dari aspek infrastruktur, sarana fasilitas maupun dari sektor pembangunan sumber daya manusia.

“Oleh karena itu, kami jadikan kawasan Borobudur ini sebagai pilot project pengembangan destinasi wisata yang berkualitas serta dapat terus mempertahankan budaya, kearifan lokal serta wisata berkesinambungan,” ungkap Ida Fauziyah.

Ida Fauziyah menegaskan untuk mendukung hal itu Kemnaker membangun BLK Komunitas yang tersebar di 6 (enam) lokasi penyangga destinasi wisata Borobudur yang meliputi Kabupaten Wonosobo, Kabupaten Magelang Kota Magelang, Kabupaten Purworejo, Kabupaten Boyolali, dan Kabupaten Temanggung .

“Semua BLK Komunitas ini ini diharapkan mampu membantu pemerintah dalam meningkatkan kompetensi SDM khususnya di sektor pariwisata, utamanya untuk pengembangan destinasi wisata Borobudur,”kata Ida.

Kementerian Ketenagakerjaan menyiapkan program pelatihan kerja di Balai Latihan Kerja (BLK) dan Balai Latihan Kerja Komunitas (BLKK) untuk medukung penyediaan pekerja terampil di sektor pariwisata.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News