Kena Blacklist, Sekolah Tak Bisa Daftar SNMPTN

Kena Blacklist, Sekolah Tak Bisa Daftar SNMPTN
Kena Blacklist, Sekolah Tak Bisa Daftar SNMPTN
JAKARTA - Panitia seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNM PTN) tidak mau berkompromi dengan 50 SMA yang terbukti curang pada seleksi 2012. Sekolah-sekolah tersebut benar-benar tidak bisa mendaftarkan siswa mereka pada SNM PTN 2013.

 

Sekretaris Umum (Sekum) SNM PTN 2013 Rochmat Wabah mengatakan, sekolah-sekolah yang di-blacklist itu baru boleh ikut SNM PTN pada 2014. "Blacklist memang dijatuhkan saat SNM PTN 2012, tetapi sanksinya berlaku pada SNM PTN 2013," ujarnya, Minggu (23/12). Sebagai gantinya, para siswa yang kini duduk di kelas XII bisa masuk PTN lewat ujian tulis dan ujian mandiri.

 

Di Jogjakarta, ada dua SMA yang masuk daftar hitam. Kota yang paling banyak mem-blacklist sekolah adalah Malang. Universitas Brawijaya mem-blacklist 48 SMA pada SNM PTN 2012. Sekolah-sekolah itu kini tak bisa meng-entry data siswa kelas XII di pangkalan data sekolah dan siswa (PDSS) SNM PTN 2013.

 

"Biar saja kepala sekolah menganggap para rektor PTN dan panitia SNM PTN kejam. Aturan tetap harus ditegakkan. Kami sudah memberi mereka kepercayaan, tetapi diingkari," tutur Rochmat.

JAKARTA - Panitia seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNM PTN) tidak mau berkompromi dengan 50 SMA yang terbukti curang pada seleksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News