Kena Penalti! Rio Start Paling Buncit dan...

Kena Penalti! Rio Start Paling Buncit dan...
Rio Haryanto saat menjalani free practice, Sabtu (19/3). Foto: AFP

jpnn.com - MELBOURNE - Nasib malang harus menimpa Rio Haryanto. Driver Manor Racing MRT asal Indonesia itu sudah mendapatkan penalti sebelum balapan dimulai.

Ya. Sebuah insiden terjadi pada free practice 3 GP Australia di Sirkuit Albert Park, Melbourne, Sabtu (19/3) pagi waktu setempat.

Saat Rio keluar dari garasi Manor, mobilnya menabrak Jet Darat milik Romain Grosjean (Haas) yang tampak sudah dalam posisi lurus di jalur cepat. Race director menganggapnya sebagai sebuah pelanggaran. 

Nah dari pernyataan steward melalui surat edaran resminya menyatakan bahwa alasan dari hukuman itu dijatuhkan adalah, "pembalap dengan nomor mobil 88 meninggalkan garasi, dan tak memperhatikan mobil lain yang datang dan berada di jalur cepat," bunyi pernyataan tersebut.

Akibatnya, Rio diberi sanksi. Dan tak tanggung-tanggung. Rio harus mundur tiga posisi di garis start besok. Itu berarti paling belakang.

Saat kualifikasi, Rio hanya menempati posisi 21 dari 22 driver, satu grid di depan rekan setimnya, Pascal Wehrlein. Namun karena hukuman ini, Rio harus rela melihat bagian belakang mobil Wehrlein.

Tunggu. Hukuman Rio karena insiden dengan Grosjean itu belum selesai.

Pembalap asal Solo itu juga dihukum pengurangan dua poin. Duh..artinya saat start besok, Rio memulainya dengan minus dua. (adk/jpnn)


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News