Kenaikan BBM Tak Akan Pukul Industri

Kenaikan BBM Tak Akan Pukul Industri
Kenaikan BBM Tak Akan Pukul Industri
JAKARTA - Sejumlah kementerian telah menyosialisasikan dampak kenaikan harga BBM terhadap kinerja sektor yang menjadi bidangnya. Salah satunya Kementerian Perindustrian. Sekjen Kementerian Perindustrian Bukhari menjelaskan, jika mengacu pada skenario harga yang ditetapkan maka kenaikan harga BBM  tidak akan berdampak signifikan terhadap kinerja sektor industri.

"Hanya berdampak pada pertumbuhan industri. Hanya berdampak pada biaya angkut. Biaya angkut ini porsinya sangat kecil terhadap biaya produksi," katanya.

Seperti diketahui, pemerintah berencana menaikkan harga premium 44 persen menjadi Rp 6.500, sedangkan solar naik 22 persen menjadi Rp 5.500.  Selain itu, Bukhari menyatakan, sejak 2008 mayoritas industri tidak mengonsumsi BBM bersubsidi. Jika ada, dia memprediksi, beban yang dialami industri untuk kebutuhan premium naik 23,8 persen, sedangkan solar naik 11,9 persen.

Dengan perhitungan itu, pihaknya memperkirakan, biaya produksi naik sekitar 1,2 persen. Menurut dia, jumlah itu tidak terlalu signifikan sehingga konsumen tidak perlu terkena imbas kenaikan harga produk.

JAKARTA - Sejumlah kementerian telah menyosialisasikan dampak kenaikan harga BBM terhadap kinerja sektor yang menjadi bidangnya. Salah satunya Kementerian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News