Kenaikan Elpiji 12 Kg Pukul IKM

Kenaikan Elpiji 12 Kg Pukul IKM
Kenaikan Elpiji 12 Kg Pukul IKM
BANDARLAMPUNG – Pada medio bulan ini, harga gas elpiji 12 kilogram (kg) dipastikan naik. Hal itu membuat Dinas Koperasi, Perindustrian, dan Perdagangan (Diskoperindag) khawatir memukul masyarakat, khususnya kalangan industri kecil dan menengah (IKM).

Diketahui, PT Pertamina (Persero) sudah merencanakan kenaikan harga gas elpiji nonsubsidi itu Rp1.500 per kg. VP Corporate Communication Pertamina Ali Mundakir mengatakan, langkah itu ditempuh sebagai jalan keluar untuk menutupi kerugian Pertamina yang mencapai Rp4,7 triliun pada 2012.

Saat ini, Pertamina menjual gas elpji 12 kg seharga Rp5.850 per kg atau sekitar Rp70.200 per tabung. Jika dinaikkan, berarti harganya akan menjadi Rp7.350 per kg atau menjadi Rp88.200 per tabung.

’’Ya, ini akan berdampak pada kenaikan biaya produksi IKM. Ditambah dengan TTL (tarif tenaga listrik, Red) yang sewaktu-waktu bisa naik serta upah minimum, maka dampak kenaikannya akan memengaruhi biaya produksi yang tinggi,” ujar Kabag Perdagangan Dalam Negeri Diskoperindag Lampung Ofrial. 

BANDARLAMPUNG – Pada medio bulan ini, harga gas elpiji 12 kilogram (kg) dipastikan naik. Hal itu membuat Dinas Koperasi, Perindustrian, dan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News