Kenaikan Harga Pangan Masih Normal

Pemkab Poso Belum Rencanakan Gelar Operasi Pasar

Kenaikan Harga Pangan Masih Normal
Kenaikan Harga Pangan Masih Normal
POSO - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Poso menilai kenaikan harga sejumlah kebutuhan pokok masyarakat di pasaran masih tergolong normal. Karena itu, Pemkab Poso belum berencana melaksanakan operasi pasar (OP).

“Kenaikan harga pangan memang terjadi. Tapi masih normal,” ujar Wakil Bupati Poso Ir Toto Samsuri MSi saat jumpa pers usai inspeksi mendadak (Sidak) di Pasar Sentral Poso, Jumat (20/7).

Dari sidak yang dilakukan, Wabup Samsuri memperoleh data kenaikan harga di sejumlah kebutuhan pokok masyarakat. Beberapa diantaranya adalah beras, daging, telur, ayam, gula, bawang putih/merah, dan minyak kelapa. Dari kebutuhan pokok pangan ini kenaikan hargnya bervariasi, antara Rp500 hingga Rp10.000. Kenaikan terendah terjadi pada beras, yang hanya Rp500 per kilo gram. Dari Rp8.000 per-kg menjadi Rp8.500 per kg. Sementara kenaikan harga pangan paling mencolok terjadi di jenis ayam pedaging.

Harga ayam yang sebelumnya dijual dengan harga Rp40 ribu per ekor (ukuran sedang, red) sekarang menjadi Rp50 ribu per ekor. Untuk jenis ukuran ayam besar, naik dari Rp45 ribu per ekor menjadi Rp55 ribu per ekor. “Kalau harga daging sapi masih normal. Hanya naik lima ribu per kg. Dari 70 ribu menjadi Rp75 ribu,” jelas mantan Kadis PU ini.

POSO - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Poso menilai kenaikan harga sejumlah kebutuhan pokok masyarakat di pasaran masih tergolong normal. Karena itu,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News