Kenaikan PDB Dongkrak Ekonomi Indonesia

Kenaikan PDB Dongkrak Ekonomi Indonesia
Kenaikan PDB Dongkrak Ekonomi Indonesia

jpnn.com - JAKARTA – Kenaikan Produk Domestik Bruto (PDB) pada kuartal II-2008 dari 2,19 persen menjadi 2,44 persen turut mendongkrak pertumbuhan ekonomi Indonesia (year on year) hingga 6,4 persen. Hal ini dikemukakan oleh Slamet Sutomo, Deputi Badan Pusat Statistik di Jakarta, Kamis (14/8).

"Pertumbuhan ini terutama ditopang oleh sektor pertanian. Sektor tersebut selama kuartal II tahun ini mengalami pertumbuhan yang cukup tinggi," kata Slamet.

Pertanian menyumbang 29 persen (Q n Q) terhadap pertumbuhan ekonomi. Begitu pula dengan beberapa subsektor pertanian yang ikut mengalami pertumbuhan cukup tinggi di antaranya sektor perkebunan sebesar 62,04 persen, kehutanan 19,96 persen dan perikanan 6,34 persen.

Selanjutnya, sektor penunjang pertumbuhan ekonomi lainnya adalah pengangkutan dan komunikasi sebesar 4,1 persen serta industri pengolahan dengan sumbangan 14 persen dari pertumbuhan ekonomi 2,4 persen.

"Ironisnya, meski sektor pertanian tumbuh, namun nilai tambah terhadap PDB malah menurun," ujarnya.

Dijelaskannya juga, bila sektor ekspor mengalami pertumbuhan yang signifikan. Sektor ini juga turut mendukung pertumbuhan ekonomi dengan kenaikan ekspor yang mencapai lebih dari 100 persen.

Disisi lain, pertumbuhan ini tetap tidak mampu merubah struktur perekonomian yang ada. Dimana secara spasial  masih tetap didominasi Pulau Jawa yang memberikan kontribusi kepada PDB 57,7 persen. Diikuti Pulau Sumatra 24,2 persen, Pulau Kalimantan 9,9 persen, Pulau Sulawesi 4,1 persen, serta sisanya 4,3 persen. (esy)

 

JAKARTA – Kenaikan Produk Domestik Bruto (PDB) pada kuartal II-2008 dari 2,19 persen menjadi 2,44 persen turut mendongkrak pertumbuhan ekonomi


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News