Kenaikan TDL Tak Sentuh Pelanggan Kecil

Kenaikan TDL Tak Sentuh Pelanggan Kecil
Kenaikan TDL Tak Sentuh Pelanggan Kecil
JAKARTA- Pemerintah menjanjikan rencana kenaikan Tarif Dasar Listrik (TDL) sebesar 15 persen tidak untuk seluruh pelanggan. Bagi masyarakat pengguna listrik berskala kecil akan tetap disubsidi pemerintah tanpa batas waktu.

"Kalau pengguna yang kecil, kami jamin akan terus disubsidi sampai kapanpun. Kenaikan TDL hanya untuk pengguna yang besar. Bagi masyarakat yang memakai konsumsi listrik di bawah 30 kilo watt/hour (kwh) per bulan, itu tidak akan terkena," kata Hatta pada wartawan, Jumat (23/4) di Jakarta.

Skema kenaikan TDL sebesar 15 persen kata Hatta, dimaksudkan hanya untuk menertibkan subsidi listrik yang selama ini telah salah sasaran. Kepentingan pemerintah adalah agar rencana kenaikan TDL ini tetap melindungi rakyat kecil.

"Kalau Juli tak naik, memang beban subsidi yang ditanggung pemerintah akan naik Rp7 triliun. Beban PLN juga tambah besar untuk operasional mereka. Agar kondisi normal, banyak hal yang jadi bahan pertimbangan. Bukan hanya harga keekonomian listrik semata tapi juga daya beli," jelasnya.

JAKARTA- Pemerintah menjanjikan rencana kenaikan Tarif Dasar Listrik (TDL) sebesar 15 persen tidak untuk seluruh pelanggan. Bagi masyarakat pengguna

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News