Pemda Diminta Buat Peta Pembangunan

Pemda Diminta Buat Peta Pembangunan
Pemda Diminta Buat Peta Pembangunan
JAKARTA- Menteri Koordinator bidang perekonomian, Hatta Radjasa mengatakan tidak akan ada lagi rencana pembangunan pemerintah pusat dan pemerintah daerah yang berjalan sendiri-sendiri. Untuk itu, Presiden Susilo Bambang Yudhotono menginstruksikan setiap Pemerintah Daerah untuk membuat peta pembangunan daerah masing-masing.

"Pertumbuhan ekonomi yang tinggi di daerah, bukan jaminan pada daerah tertentu kemiskinannya menurun. Karena itu pertumbuhan yang tinggi harus diikuti pemerataan. Presiden sudah mengintruksikan tiap daerah untuk membuat peta arah pembangunan," kata Hatta pada wartawan, Jumat (23/4) di Jakarta.

Dari hasil pertemuan yang melibatkan seluruh kementrian dengan kepala daerah, mulai dari tingkat Provinsi hingga Kabupaten di Tampak Siring, Bali beberapa waktu lalu, Hatta mengatakan pemerintah telah melahirkan kesepakatan yang dinamakan Tampak Siring Commitmen.

"Setiap daerah diwajibkan memiliki satu prioritas atau unggulan pembangunan. Nantinya pemerintah akan berikan insentif misalnya dalam bentuk Dana Alokasi Khusus (DAK). Jangan sampai, DAK yang diberikan ke Pemda, tidak diketahui oleh masyarakatnya. Setiap rupiah yang dikeluarkan, harus memiliki multiplayer effect untuk pembangunan," kata Hatta.

JAKARTA- Menteri Koordinator bidang perekonomian, Hatta Radjasa mengatakan tidak akan ada lagi rencana pembangunan pemerintah pusat dan pemerintah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News