Kenali 4 Penyebab Lemak Perut Bertambah

Kenali 4 Penyebab Lemak Perut Bertambah
Diet. Ilustrasi. Foto IST

jpnn.com - Lemak perut yang berlebih terkadang membuat seseorang tak percaya diri. Tak heran, banyak klinik kecantikan yang menawarkan layanan sedot lemak.

Namun, menghilangkan lemak perut bisa dilakukan dengan cara alami. Misalnya, dengan berolah raga dan menjaga pola makan yang baik.

Selain itu, ada hal-hal lain yang mungkin tidak disadari menjadi alasan sulitnya menyingkirkan lemak. Dilansir dari Pop Sugar, Minggu (24/2), ada empat faktor yang menjadi pemicu lemak perut terus bertambah. Maka cobalah untuk menghindarinya.

1. Stres

Pakar Kesehatan dari Thrive to Glow Health Coaching Julie Adams mengatakan, stres dapat membuat tubuh dan perut khususnya kelebihan produksi kortisol. Saat stres membuat seseorang menjadi kelaparan. Adams menjelaskan ketika seorang stres, bisa menambah berat badan (terutama di bagian tengah) karena tubuhnya berusaha melindunginya. Untuk mengurangi efek stres, Adams mengatakan tubuh sangat membutuhkan relaksasi dan kebahagiaan.

2. Hormon

Banyak yang terjadi pada tubuh ketika hormon rusak. Salah satunya adalah lemak perut. CEO Finish Fit, Armen Ghazarians, mengatakan salah satu hormon dapat berkontribusi pada timbunan lemak perut khususnya perempuan. Yaitu namanya adalah estrogen. "Estrogen diproduksi oleh sel-sel lemak, yang menyebabkan produksi lemak. Siklus produksi hormon dan sel lemak inilah yang menyebabkan kenaikan lemak perut," jelasnya.

Ghazaria menyarankan peningkatan asupan serat, menambahkan brokoli, kol, dan kembang kol setiap hari sebagai asupan, bisa mengatasi lemak di perut.

Ada empat faktor yang menjadi pemicu lemak perut terus bertambah. Maka cobalah untuk menghindarinya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News