Kenali 5 Gejala Dini Serangan Jantung

Kenali 5 Gejala Dini Serangan Jantung
ilustrasi dada sesak.

jpnn.com - Serangan jantung merupakan suatu kondisi yang terjadi ketika aliran darah ke jantung tersumbat. Umumnya, hal tersebut terjadi karena ada penumpukan lemak, kolesterol, dan substansi lainnya yang membentuk plak di pembuluh darah ke jantung. Pembuluh darah tersebut dinamakan arteri koroner.

Kondisi penyempitan pembuluh darah jantung akibat pembentukan plak dikenal dengan istilah penyakit jantung koroner (PJK). Ketika aliran darah ke jantung terganggu, jaringan otot jantung yang berfungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh akan dapat rusak. Jika kondisi tersebut tidak segera ditangani, tentu dapat mengancam jiwa.

Gejala dini serangan jantung

Sementara itu, penting bagi Anda untuk mengenali gejala dini serangan jantung dengan saksama. Berikut penjelasannya:

1. Nyeri dada sebelah kiri

Nyeri dada kiri merupakan gejala khas dari serangan jantung. Biasanya, nyeri dada yang dialami terasa seperti ditindih benda berat, diremas, ditekan, atau rasa penuh di belakang tulang dada. Kondisi tersebut biasanya berlangsung selama beberapa menit.

Sering kali, nyeri dada tersebut disertai penjalaran ke area leher, rahang bawah, lengan kiri, punggung, atau ulu hati. Pada beberapa orang, gejala yang dirasakan hanya dada terasa tidak enak.

2. Sesak napas

Ketika aliran darah ke jantung terganggu, jaringan otot jantung yang berfungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh akan dapat rusak.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News