Kenali 5 Penyebab Jari Tangan Membengkak

Kenali 5 Penyebab Jari Tangan Membengkak
Jari bengkak. Foto: Hellosehat

jpnn.com, JAKARTA - Radang sendi bisa menyebabkan jari-jari membengkak dan menyerupai sosis kecil. Mungkin, pembengkakan ini muncul setelah Anda makan makanan asin.

Haruskah Anda panik? Mungkin tidak. Jari membengkak karena banyak alasan, dan banyak dari mereka tidak berbahaya. Tetapi terkadang bengkak, yang secara medis dikenal sebagai daktilitis, menunjukkan kondisi kesehatan yang lebih serius.

Berikut adalah beberapa penyebab umum jari bengkak, dan kapan Anda harus menghubungi dokter, seperti dilansir laman Preventio.

1. Udara panas

Panas menyebabkan pembuluh darah mengembang, yang memungkinkan lebih banyak panas keluar melalui kulit Anda sehingga Anda bisa tetap tenang. Pembengkakan jenis ini cenderung hilang saat Anda menggunakan tangan dan melanjutkan aktivitas rutin Anda. Namun jika pembengkakan hanya di tangan dan jari Anda (dan bukan kaki Anda), disertai dengan rasa sakit atau cengkeraman yang lemah, itu bisa menjadi tanda bahwa penyebabnya bukan hanya panas dan Anda perlu berkonsultasi dengan dokter Anda.

2. Terlalu banyak makan garam

Biasanya, pembengkakan ringan yang disebabkan oleh makanan asin akan hilang dengan sendirinya dalam satu hari tetapi itu bisa bertahan lebih lama tergantung pada seberapa banyak garam tambahan dalam sistem Anda. Jika Anda mengurangi garam dan pembengkakan berlanjut, temui dokter Anda.

3. Anda mungkin menderita osteoartritis atau rheumatoid arthritis

Jari-jari membengkak bisa disebabkan oleh banyak hal, dan tidak semua membahayakan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News