Kenali 8 Manfaat Luar Biasa dari Minyak Cengkeh

Kenali 8 Manfaat Luar Biasa dari Minyak Cengkeh
Minyak cengkeh. Foto: organicfacts

jpnn.com - Tidak hanya memiliki aroma yang khas, cengkeh adalah salah satu rempah yang sering digunakan dalam membuat makanan, minuman hingga rokok.  Selain itu, cengkeh juga sering digunakan dalam pengobatan tradisional. 

Lantas, apa saja manfaat cengkeh untuk kesehatan? Berikut ini penjelasannya, seperti dilansir laman Stylecraze.

1. Cengkeh Melawan Peradangan

Penelitian telah menunjukkan bahwa eugenol dalam cengkeh berfungsi sebagai agen antiinflamasi yang kuat. Cengkeh juga melawan peradangan mulut dan tenggorokan. Dalam studi lain yang dilakukan oleh University of Florida, subyek yang mengonsumsi cengkeh setiap hari mampu mengurangi kadar sitokin proinflamasi spesifik hanya dalam tujuh hari. Menurunkan sitokin ini secara signifikan bisa mengurangi kemungkinan radang sendi dan nyeri sendi. Faktanya, peradangan jangka panjang bisa menyebabkan radang sendi - dan mengonsumsi cengkeh secara teratur bisa menjadi langkah yang baik untuk mencegahnya.

BACA JUGA: Ketahui 5 Manfaat Luar Biasa Teh Tulsi

2. Membantu Memerangi Kanker

Ekstrak cengkeh bisa mencegah pertumbuhan tumor dan menginduksi kematian sel kanker.  Sifat anti-kanker cengkeh bisa dikaitkan dengan eugenol, yang bahkan terbukti bermanfaat dalam kasus kanker kerongkongan. Cengkeh juga merupakan sumber antioksidan yang baik. Faktanya, setengah sendok teh cengkeh mengandung lebih banyak antioksidan daripada setengah cangkir blueberry. Ekstrak cengkeh juga ditemukan mematikan bagi sel-sel kanker payudara dalam penelitian lain.

3. Bantuan Pengobatan Diabetes

Tidak hanya memiliki aroma yang khas, cengkeh adalah salah satu rempah yang sering digunakan dalam pengobatan tradisional.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News