JPNN.com

Ketahui 5 Manfaat Luar Biasa Teh Tulsi

Kamis, 04 Juli 2019 – 13:17 WIB Ketahui 5 Manfaat Luar Biasa Teh Tulsi - JPNN.com

jpnn.com - Teh herbal memang identik dengan teh hijau. Namun, herbal menyehatkan tidak hanya ada pada teh hijau, ada juga teh tulsi / kemangi. Salah satu manfaat minum teh tulsi adalah melindungi tubuh dari penyakit akibat radikal bebas. Antioksidan dalam teh tulsi akan menetralisir radikal bebas sehingga sistem kekebalan tubuh menjadi lebih kuat untuk melawan penyakit.

Teh tulsi juga memiliki sifat detoksifikasi yang bisa menjaga kesehatan jantung dan jaringan paru-paru, serta infeksi lainnya. Meski begitu, masih banyak manfaat dari minum teh tulsi bagi kesehatan. Berikut penjelasannya, seperti dilansir laman Stylecraze, Rabu (3/7).

BACA JUGA: Lindungi Tubuh Anda dari Polusi dengan 3 Ramuan Herbal Ini

1. Antimikroba yang Ampuh

Teh Tulsi memiliki antibakteri yang tinggi (Staphylococcus, Bacillus, Pseudomonas, spesies Vibrio), antijamur (spesies Candida), antimikotik, antivirus, dan aktivitas antimikroba karena tingginya kadar flavonoid spesifik, terpenoid, dan asam fenolik seperti asam linoleat. Minum teh tulsi bisa meredakan infeksi bakteri, jamur, dan virus dalam sistem pernapasan, pencernaan, gigi, kulit, saraf, dan kemih. Ini juga bisa mengurangi peradangan di berbagai bagian tubuh Anda yang disebabkan oleh patogen ini.

2. Meredakan Stres, Kecemasan dan Insomnia

Teh herbal seperti teh tulsi memiliki flavonoid (seperti eugenol) yang bisa menenangkan karena bekerja sebagai antidepresan, dan memicu produksi neurotransmiter yang bisa mengurangi kecemasan dan stres. Mengonsumsi teh tulsi sebagai bagian dari diet Anda bisa membantu Anda mengatur ritme sirkadian Anda, mengatur siklus tidur Anda, meningkatkan daya ingat dan kesadaran Anda, dan juga mencegah gangguan neurodegeneratif yang disebabkan oleh penuaan seperti Alzheimer.

BACA JUGA: 4 Manfaat Konsumsi Teh Hijau untuk Kesehatan

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...