Kenali Gas yang Tersisa dalam Tabung Gas Elpiji

Kenali Gas yang Tersisa dalam Tabung Gas Elpiji
chi jpnn

jpnn.com - JAKARTA - Tabung gas elpiji yang sudah habis isinya, ternyata tidak benar-benar dalam keadaan kosong. Rupanya, selain gas liquid, masih ada gas vapour yang tertinggal di dalam tabung. Gas ini hanya berfungsi sebagai tekanan dalam tabung. Lalu apa sisa gas vapour ini bisa digunakan lagi?

Vice President Corporate Communication Pertamina Wianda Puspinegoro ‎menjelaskan, gas yang tertinggal dalam tabung elpiji sudah tidak bernilai lagi atau tidak memiliki fungsi banyak.

‎"Vapour ini untuk memberikan tekanan dan nggak bisa dipakai untuk memasak. Vapour itu bukan bahan bakar, jadi tidak dianjurkan untuk memasak," terangnya di SPBE Batavia Jaya Energi, Cakung, Jakarta Timur, Jumat (29/5).

Dia menambahkan, gas sisa inilah yang kerap kali dianggap masyarakat sebagai gas liquid, yang masih bisa digunakan. Sehingga muncul spekulasi di masyarakat jika terjadi kecurangan dalam pengisian tabung elpiji. Padahal, sambung dia, vapour bukan gas bahan bakar yang bisa digunakan.

"Yang dikira masyarakat kan kami curang. Artinya ketika elpiji habis terpakai, gas vapour ini masih tersisa di dalam tabung. Jadi masyarakat mikirnya kami curang, padahal tidak. Kami tetap mengisi sesuai kapasitas yakni 3 kg," papar dia. (chi/jpnn)


JAKARTA - Tabung gas elpiji yang sudah habis isinya, ternyata tidak benar-benar dalam keadaan kosong. Rupanya, selain gas liquid, masih ada gas vapour


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News