JPNN.com

Kenali Gejala Asma Sedini Mungkin

Selasa, 07 Desember 2010 – 19:18 WIB Kenali Gejala Asma Sedini Mungkin - JPNN.com
Kenali Gejala Asma Sedini Mungkin
BANDARLAMPUNG - Batuk ringan dengan intensitas sering harus diwaspadai. Hal ini bisa jadi merupakan gejala asma. Asma adalah suatu keadaan di mana saluran napas menyempit, karena adanya respon berlebih terhadap rangsangan tertentu. Kondisi ini menyebabkan peradangan. Namun, hal itu bersifat sementara. Penyempitan tersebut dapat dipicu berbagai rangsangan, seperti serbuk sari, debu, bulu binatang, asap, udara dingin, dan olahraga.

Dokter spesialis paru, dr Hamid Hasan SpP dari Lampung mengatakan, ada tiga klasifikasi asma, yakni ringan, sedang dan berat. Dikatakannya, asma ringan biasanya dengan gejala batuk ringan, tetapi intensitasnya sering. "Kalau yang sedang, batuk disertai sesak napas. Sementara asma berat ditandai batuk dan sesak napas disertai suara," jelas Hamid.

Saat asma menyerang, otot polos dari bronki kejang dan jaringan yang melapisi saluran udara mengalami pembengkakan, karena adanya peradangan dan pelepasan lendir ke dalam saluran udara. Hal ini akan memperkecil diameter dari saluran udara (disebut bronkokonstriksi) dan penyempitan itu menyebabkan penderita harus berusaha sekuat tenaga supaya dapat bernapas.

Dijelaskan Hamid lagi, frekuensi dan beratnya serangan asma bervariasi pada tiap penderita. Beberapa penderita lebih sering terbebas dari gejala, serta hanya mengalami serangan sesak napas yang singkat dan ringan, yang terjadi sewaktu-waktu. Sedangkan penderita lainnya, hampir selalu mengalami batuk dan mengi (bengek), serta mengalami serangan hebat setelah menderita suatu infeksi virus, olahraga, atau setelah terpapar oleh alergen maupun iritan. Menangis atau tertawa keras juga bisa menyebabkan timbulnya gejala.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
ito