Kenali Jintan Hitam, Penyembuh Beragam Penyakit dan Cara Aman Mengonsumsinya

Kenali Jintan Hitam, Penyembuh Beragam Penyakit dan Cara Aman Mengonsumsinya
Kenali Jintan Hitam, Penyembuh Beragam Penyakit dan Cara Aman Mengonsumsinya. Foto: source for JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Habbatussauda (Nigella Sativa) atau jintan hitam telah dipercaya sebagai salah satu bahan herbal alami yang memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh.

Beragam khasiat Habbatussauda dikenal mulai dari menjaga imunitas tubuh, menambah stamina, mengatasi peradangan, hingga mempercepat proses penyembuhan luka. 

Pharmacist & Medical Pharmacologist, apt. Drs. Victor S. Ringoringo S.E., M.Sc, mengatakan habbatussauda memiliki manfaat yang sangat luas untuk kesehatan tubuh, terutama jika dikonsumsi dengan cara dan pola yang tepat.

"Habbatussauda atau jintan hitam merupakan salah satu bahan herbal yang punya spektrum terluas untuk membantu menjaga kesehatan tubuh secara optimal,” ungkap Victor, dalam keterangannya, Rabu (16/8).

Salah satu manfaat utama dari habbatussauda adalah kemampuannya meningkatkan imunitas atau daya tahan tubuh terhadap kerusakan sel dan penyakit.

Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan dalam Asian Journal of Pharmaceutical & Clinical Research, habbatussauda memiliki kandungan yang berperan sebagai agen antiinflamasi dan antioksidan termasuk timokuinon dan flavonoid, yang mampu memperkuat respon imun tubuh melawan penyakit.

"Selain membantu meningkatkan daya tahan tubuh, antikosidan juga dapat mencegah berbagai masalah kesehatan, seperti obesitas, diabetes, penyakit jantung, dan kanker," ujar Victor.

Penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Hypertension melaporkan bahwa dengan mengonsumsi ekstrak habbatussauda secara rutin, mampu menurunkan tekanan darah pada orang-orang yang memiliki hipertensi ringan.

Kenali habbatussauda atau jintan hitam, penyembuh beragam penyakit dan cara aman mengonsumsinya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News