Minggu, 16 Juni 2019 – 23:40 WIB

Kenali Perbedaan antara Efek Samping dan Alergi Vaksin

Rabu, 24 April 2019 – 23:45 WIB
Kenali Perbedaan antara Efek Samping dan Alergi Vaksin - JPNN.COM

Suntik Vaksin. ILUSTRASI. FOTO: Laman Health

jpnn.com - Setiap tindakan medis tentunya memiliki efek samping baik ringan, sedang maupun berat, termasuk juga untuk vaksinasi.

Beberapa efek yang kerap muncul adalah demam dan bengkak pada area yang divaksin. Tapi hati-hati, kondisi ini juga bisa menandakan adanya alergi vaksin, lo.

Perlu diketahui, alergi merupakan reaksi tubuh terhadap komponen vaksin. Yang paling sering menimbulkan alergi adalah komponen seperti gelatin atau protein telur.

Sedangkan, komponen lain yang jarang menimbulkan alergi adalah thimerosal (pengawet dalam vaksin), antibiotik, lateks ataupun ragi.

Nah, reaksi alergi berupa demam, bengkak, atau keluhan lainnya perlu dikhawatirkan, karena bisa sangat berbahaya dan mengancam nyawa, walaupun sangat jarang terjadi.

Agar lebih aman, ketahui perbedaan antara efek samping vaksin dan alergi akibat paparan vaksin.

Mengenal efek samping vaksin

Pemberian vaksin memiliki efek samping berupa KIPI (Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi). KIPI dapat berupa reaksi alergi, demam ringan, nyeri di lokasi suntik, bengkak dan kemerahan di area suntikan. Namun, Anda tidak perlu khawatir. Karena efek samping ini tidak selalu terjadi. 

Sumber : Klikdokter
SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar