Kenali Sedini Mungkin Gejala Kanker Paru-paru

Kenali Sedini Mungkin Gejala Kanker Paru-paru
ilustrasi kanker paru-paru

jpnn.com - Kanker paru-paru juga perlu diwaspadai. Selain kanker payudara dan kanker rahim yang kini mengklaim lebih banyak menghantui kehidupan wanita.

Salah satu alasannya adalah bahwa tidak ada tes skrining yang telah terbukti bisa mendeteksi kanker paru-paru awal, sehingga sebagian besar pasien (sekitar 70 persen) didiagnosis begitu kanker telah memasuki tahap lanjut dan telah menyebar ke tempat lain di tubuh.

Sakit punggung, sakit kepala, penurunan berat badan dan kelelahan adalah gejala khas kanker paru lanjut. 

"Sakit/nyeri pada tulang juga sering terjadi, karena di situlah kanker paru-paru cenderung menyebar terlebih lebih dulu," kata ketua onkologi radiasi di Rumah Sakit dan Pusat Medis Lahey di Cape Town, Massachusetts,  Andrea McKee, M.D., seperti dilansir laman AOL, Kamis (26/10).

Tetapi, sebagian besar orang yang didiagnosis kanker paru-paru tidak mengalami gejala yang jelas pada tahap awal.  Beberapa orang mungkin memiliki satu gejala yang benar-benar sama sejak dini, yakni batuk kronis.

"Kadang-kadang di bagian pinggiran paru-paru, tumor bisa terus tumbuh dengan ukuran yang relatif besar sebelum didiagnosis karena tidak menimbulkan banyak gejala," jelas Dr. McKee. 

Tapi jika tumor menekan salah satu bronkus, maka saluran udara utama menuju ke paru-paru kemungkinan akan memicu reseptor batuk. 

"Hal ini akan bisa memicu batuk meski tumornya tergolong kecil," tambah Dr. McKee. 

Kanker paru-paru juga perlu Anda waspadai selain kanker lainnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News