Kenapa Harus Erick Thohir yang jadi Ketua Pelaksana?

Kenapa Harus Erick Thohir yang jadi Ketua Pelaksana?
Menteri BUMN Erick Thohir. Foto: Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Dewan Pakar Indonesia Maju Institute (IMI), Lukman Edy, menilai keputusan Presiden Jokowi menugaskan Menteri BUMN Erick Thohir menjadi ketua pelaksana kebijakan Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional didasari perasaan yang sama soal krisis.

LE, sapaan Lukman Edy, mengatakan, tugas baru dari Jokowi untuk Erick ini bukan saja karena Menteri BUMN memiliki fungsi dan kewenangan yang cukup untuk mengemban amanah berat itu.

Namun, LE menilai presiden juga melihat di antara pembantunya, Erick-lah yang paling cepat, kreatif dan tidak bertele-tele dalam menghadapi krisis sekarang ini.

"Jokowi merasakan ada frekuensi yang sama dengan beliau soal sensitivitas Erick Tohir dalam menghadapi krisis kesehatan dan krisis ekonomi sekarang ini. Erick Tohir punya sense of crisis yang sama dengan Presiden Jokowi," kata LE, Selasa (21/7).

Mantan politikus Senayan ini memandang langkah Presiden Jokowi membentuk tim pemulihan ekonomi nasional dan penanganan dampak Covid-19, merupakan langkah tepat sekaligus menunjukkan sense of crisis menghadapi keadaan yang tidak pasti di bulan-bulan mendatang.

Menurut LE, setidaknya ada dua persoalan besar yang dihadapi bangsa saat ini.

Pertama, pandemi Covid-19 yang belum tentu kapan akan berakhirnya.

Kedua, situasi ekonomi dunia yang tidak menentu. Hampir semua negara mengalami negatif growth, bahkan banyak yang negatif growth-nya dua digit.

Jokowi memberikan tugas baru kepada Erick Thohir. Kenapa harus Menteri BUMN, Pak?

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News