Kendaraan Listrik Disubsidi, tetapi Pembangkitnya Masih Batu Bara, Wajar Publik Curiga

Kendaraan Listrik Disubsidi, tetapi Pembangkitnya Masih Batu Bara, Wajar Publik Curiga
Anggota Komisi VII DPR RI Mulyanto mengaku sepakat dengan kritik Anies Baswedan terkait kebijakan subsidi pembelian kendaraan listrik yang salah sasaran. Foto: Humas DPR

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi VII DPR RI Mulyanto mengaku sepakat dengan kritik Anies Baswedan terkait kebijakan subsidi pembelian kendaraan listrik yang salah sasaran dan salah tujuan.

"Kalau tujuan subsidi tersebut ingin meningkatkan penggunaan kendaraan listrik agar terjadi penurunan emisi karbon jelas salah. Faktanya sumber energi untuk kendaraan listrik masih diambil dari pembangkit listrik berbahan bakar batu bara," ungkap Mulyanto di Jakarta, Jumat (12/5).

Mulyanto menjelaskan pembangkit listrik yang menggunakan batu bara masih menimbulkan ringkat emisi karbon yang tinggi.

"Jadi,penggunaan kendaraan listrik hanya sekedar memindahkan sumber polusi karbon dari kendaraan ke pembangkit listrik," kata Mulyanto.

Di sisi lain, secara sasaran, kata Mulyanto, pemberian subsidi ini juga tidak tepat. Sebab, yang mendapat subsidi adalah orang kaya.

Menurut Mulyanto kebijakan ini tentu akan menimbulkan kecemburuan sosial yang membahayakan. Apalagi jumlah subsidi yang akan diberikan cukup besar yaitu Rp 70 juta per unit untuk pembelian mobil listrik dan Rp 7juta per unit untuk pembelian motor listrik.

"Subsidi sebaiknya diberikan untuk kendaraan listrik angkutan umum agar lebih banyak masyarakat yang dapat menikmatinya. Selain itu, subsidi ini juga bisa mengurangi penggunaan kendaraan pribadi sehingga bisa berdampak pada berkurangnya tingkat kemacetan di beberapa ruas jalan," jelas Mulyanto.

Mulyanto menegaskan PKS menolak kebijakan subsidi pembelian kendaraan listrik tersebut. Selain karena tidak tepat sasaran dan tidak tepat tujuan, subsidi ini juga bias kepentingan.

Anggota Komisi VII DPR RI Mulyanto mengaku sepakat dengan kritik Anies Baswedan terkait kebijakan subsidi pembelian kendaraan listrik yang salah sasaran

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News