Kepada Perwira TNI AL, Asisten Intelijen Pangarmatim Bilang Begini

Kepada Perwira TNI AL, Asisten Intelijen Pangarmatim Bilang Begini
Para Perwira Komando Armada RI Kawasan Timur (Koarmatim) menerima Pembekalan Pengetahuan Intelijen yang disampaikan oleh Asisten Intelijen (Asintel) Pangarmatim Kolonel Laut (E) Yanuar Adi Legowo di Gedung Panti Tjahaya Koarmatim, Ujung Surabaya. FOTO: DOK.Koarmatim for JPNN.com

jpnn.com - SURABAYA – Dalam rangka meningkatkan naluri Intelijen, para Perwira Komando Armada RI Kawasan Timur (Koarmatim) menerima Pembekalan Pengetahuan Intelijen. Pembekalan tersebut disampaikan oleh Asisten Intelijen (Asintel) Pangarmatim Kolonel Laut (E) Yanuar Adi Legowo di Gedung Panti Tjahaya Koarmatim, Ujung Surabaya, kemarin.

Pangarmatim Laksamana Muda TNI Darwanto dalam sambutannya menyampaikan tugas intelijen terkait dengan operasi yang dilakukan oleh Koarmatim, memberikan pemahaman akan pentingnya naluri intelijen (Inteligence Instinct) dalam setiap penugasan. Hal ini agar memperoleh hasil yang optimal, dan memberikan kesamaan persepsi.

Selain itu, pemahaman bahwa tugas kinerja intelijen bukan hanya domain personel Intel dalam meningkatkan kewaspadaan dan keamanan, namun kepada setiap Perwira harus dapat menumbuhkan kewaspadaan terhadap ancaman baik di lingkungan penugasan maupun keseharian.

Sementara itu, Asintel Pangarmatim menyampaikan tugas dan fungsi satuan intelijen. Menurutnya, definisi intelijen yaitu pengetahuan, organisasi, dan kegiatan yang terkait dengan perumusan kebijakan, strategi nasional, yang pengembalian keputusan berdasarkan analisis dari informasi dan fakta yang terkumpul melalui metode kerja untuk pendeteksian dan peringatan dini dalam rangka pencegahan, penangkalan, dan penanggulangan setiap ancaman terhadap keamanan nasional.

Ia juga menekasnkan kepada para Perwira TNI Angkatan Laut yang akan melaksanakan kunjungan ke pangkalan militer negara lain maupun melaksanakan kursus atau pendidikan di luar negeri. Ia berharap agar lebih waspada dan mampu memfilter komunikasi terhadap tentara asing dalam berinteraksi maupun bersosialisasi.

“Karena harus disadari tujuan dalam memperoleh data dan informasi tersebut akan berkaitan dengan kemampuan serta kekuatan militer yang dimiliki negara Republik Indonesia,” kata Asisten Pangarmatim dilansir dalam siaran pers Kadispenarmatim Letkol Laut (KH) Maman Sulaeman.

Dalam acara tersebut, hadir Kepala Staf Koarmatim Laksamana Pertama TNI Mintoro Yulianto, Danguspurlatim Laksma TNI I.N.G. Ariawan, para Pejabat Utama Koarmatim, para Staf Ahli Koarmatim, para Komandan Satuan dan Komandan Unsur yang berada di pangkalan.(fri/jpnn)


SURABAYA – Dalam rangka meningkatkan naluri Intelijen, para Perwira Komando Armada RI Kawasan Timur (Koarmatim) menerima Pembekalan Pengetahuan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News