Kepala BIN Harus Perkuat Perbatasan

Kepala BIN Harus Perkuat Perbatasan
Budi Gunawan. Foto dok JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Ketua Indonesia Police Watch Neta S Pane menilai langkah Presiden Jokowi mengangkat Wakapolri Komjen Budi Gunawan sebagai kepala BIN, lebih berorientasi pada kepentingan keamanan dalam membangun sosial ekonomi Indonesia.

Menurut dia, pendekatan keamanan dalam membangun sosial ekonomi, tentunya diharapkan tidak hanya akan mendapatkan manfaat bagi kemajuan perekonomian semata.

"Namun lebih dari itu akan mendapatkan kemajuan dalam hak asasi manusia," kata Neta, Minggu (4/9).

Ia menyatakan, luasnya wilayah Indonesia, terutama kawasan pantai menjadi ancaman tersendiri bagi perekonomian negeri ini.

Karena itu, ke depan BIN perlu meningkatkan kinerja intelijen di wilayah perbatasan. Peningkatan kerja sama jajaran intelijen antara BIN, TNI, Polri, polda-polda dengan pemerintahan daerah menjadi hal mendesak.

"Hal ini agar Indonesia tidak terus menerus menjadi bulan-bulanan bandar narkoba, teroris dan para penyelundup yang menghancurkan perekonomian
Indonesia," katanya.

Pengalaman selama berkarir di Polri dan jaringan yang luas di bidang sosial, politik, dan kemasyarakatan tentu menjadi modal yang kuat bagi BG saat memimpin BIN.

IPW berharap, BG dapat memaksimalkan jaringannya yang luas itu untuk mensinergikan BIN dengan berbagai institusi.

JAKARTA - Ketua Indonesia Police Watch Neta S Pane menilai langkah Presiden Jokowi mengangkat Wakapolri Komjen Budi Gunawan sebagai kepala BIN, lebih

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News