Kepala BMKG: Perubahan Iklim Jadi Tantangan Terbesar Umat Manusia

Kepala BMKG: Perubahan Iklim Jadi Tantangan Terbesar Umat Manusia
Seminar Nasional  "Perspektif Daerah: Rekomendasi Penanganan Perubahan Iklim untuk Pemerintah Mendatang" di Jakarta, Rabu (15/11). Foto Mesya/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Perubahan iklim memberikan dampak sangat serius terhadap berbagai sektor, di antaranya kesehatan, pertanian, dan perekonomian, bahkan bisa menghancurkan semua kehidupan di muka bumi.

Oleh karena itu, penanganan perubahan iklim mesti menjadi prioritas dalam pemerintahan mendatang.

"Perubahan iklim merupakan tantangan terbesar yang dihadapi oleh umat manusia," kata Kepala BMKG Dwikorita Karnawati dalam Seminar Nasional  "Perspektif Daerah: Rekomendasi Penanganan Perubahan Iklim untuk Pemerintah Mendatang" di Jakarta, Rabu (15/11).

Saat ini, ujarnya, laju pemanasan global sudah sekitar 1.2 derajat Celcius di atas periode pra-industri, dan tahun 2023 diwarnai dengan banyak pemecahan rekor temperatur di banyak lokasi di dunia.

Sehingga terdapat peluang signifikan 2023 akan menjadi tahun terpanas sepanjang sejarah pencatatan iklim. 

Selain itu, dengan perkembangan laju perubahan iklim seperti sekarang, terdapat peluang signifikan bahwa batas kenaikan 1.5 derajat Celcius yang disepakati dalam Paris Agreement akan dilewati pertama kalinya dalam beberapa tahun mendatang. 

"Oleh karena itu, umat manusia akan menghadapi dua tantangan utama pada pertengahan abad 21 yang akan datang yaitu tekanan pada sumber daya air pada banyak wilayah dunia yang dikenal sebagai global water hotspot," tuturnya.

Dampak lebih lanjut dari kelangkaan air ini adalah pada ketahanan pangan global.

Kepala BMKG menyampaikan perubahan iklim jadi tantangan terbesar umat manusia. Simak selengkapnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News