Kepala BP2MI Melepas Pekerja Migran Program G to G Jepang

Kepala BP2MI Melepas Pekerja Migran Program G to G Jepang
Kepala Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Benny Rhamdani melepas sebanyak 116 Pekerja Migran Indonesia (PMI) Program Government to Government (G to G) Jepang di Graha Insan Cita Depok, Selasa (15/12). Foto: Humas BP2MI

jpnn.com, JAKARTA - Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) melepas sebanyak 116 Pekerja Migran Indonesia (PMI) Program Government to Government (G to G) Jepang. Pekerja Migran tersebut bekerja sebagai Kangoshi (nurse) dan Kaigofukushishi (careworker).

Kepala BP2MI Benny Rhamdani menyatakan, PMI yang dilepas telah melalui berbagai tahapan seperti Pre Departure Orientation (PDO) dan berbagai pelatihan. Pempatan PMI ke Jepang, sebelumnya sempat terhenti prosesnya karena pandemi covid-19.

“Saya apresiasi calon PMI yang telah mengikuti PDO dengan baik. Sekarang mereka memiliki bekal untuk memahami peran dan tanggung dalam pekerjaan, bekal untuk tidak terjerumus ke dalam gaya hidup bebas, dan penggunaan narkotika. Juga bekal untuk memanfaatkan kelas online Universitas Terbuka, mengelola penghasilan dengan baik, menjadi duta wisata, dan tentu saja bagaimana untuk melindungi diri sendiri,” ujar Benny kepada para PMI Jepang di Graha Insan Cita Depok, Selasa 15/12.

Secara Virtual, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengatakan, bangga bisa melihat dan  mengantarkan para PMI ke Jepang. Ida meminta agar semua bisa bekerja dengan sungguh-sungguh, namun tetap jaga kesehatan dan menerapkan protokol kesehatan.

"Ini sangat berat dimana proses sempat tertunda, karena Pandemi. Mewakili Pemerintah mengucapkan terimakasih kepada Jepang yang sangat peduli kepada PMI Jepang, terimakasih kepada semua pihak yang membantu kelancaran ini," ujarnya.

Ida mengatakan, program G to G Jepang  sudah berjalan selama 13 Tahun. Ini akan menjadi solusi karena saat ini  sedang kekurangan tenaga kerja akibat aging population yang ada di Jepang.

Menurutnya, program penempatan ini adalah kerjasama yang saling menguntungkan dan ivenstasi jangka panjang yang memberikan efek domino bagi dua negara.

Benny menambahkan, sesampainya di Jepang, ke  116 CPMI akan kembali mengikuti pelatihan Bahasa Jepang lanjutan selama 6 bulan. Bukan hanya agar lulus pelatihan, tapi karena kemampuan bahasa menjadi kunci dari pelindungan diri dan juga penentu keberhasilan kerja di negara penempatan.

Kepala BP2MI Benny Rhamdani menyatakan, PMI yang dilepas telah melalui berbagai tahapan seperti Pre Departure Orientation (PDO) dan berbagai pelatihan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News