Kepala BSKDN: Inovasi Daerah Mampu Efisiensikan Penggunaan Anggaran

Kepala BSKDN: Inovasi Daerah Mampu Efisiensikan Penggunaan Anggaran
Kepala BSKDN Kemendagri Yusharto Huntoyungo (kanan) dan Kepala Organisasi Riset Tata Kelola, Pemerintahan, Ekonomi, dan Kesejahteraan Masyarakat BRIN Agus Eko Nugroho. Foto: Humas BSKDN

jpnn.com - JAKARTA - Kepala Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri (BSKDN) Kemendagri Yusharto Huntoyungo mengingatkan pemerintah daerah agar tidak ragu untuk meningkatkan inovasi yang ada di wilayahnya masing-masing.

Hal tersebut penting karena penerapan inovasi daerah mampu mengefisiensikan penggunaan anggaran.

Kepala BSKDN Yusharto Huntoyungo menyampaikan pesan tersebut saat melakukan audiensi dengan Pusat Riset Pemerintahan Dalam Negeri Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) di Ruang Video Conference BSKDN pada Kamis, 30 Maret 2023.

Yusharto menyatakan bahwa BSKDN Kemendagri terus berupaya mendorong daerah untuk meningkatkan inovasi.

Dia meyakini inovasi daerah bukanlah suatu hal yang sulit dan membutuhkan biaya yang tinggi.

Yusharto menegaskan bahwa keberadaan inovasi justru membawa dampak baik bagi penggunaan anggaran yang lebih efisien bagi pemerintah daerah (Pemda).

"Dampak yang bisa diperoleh dari adanya inovasi adalah efisiensi anggaran, daerah-daerah coba kita dorong untuk bisa memulai melibatkan masyarakat tanpa menggunakan APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah) untuk mengeksekusi inovasi yang mereka hasilkan, dan dengan demikian sekali lagi kita sudah mengarah ke sana untuk berpikir bahwa inovasi itu harus ada dampaknya," papar Yusharto.

Sementara itu, untuk meminimalisir anggapan yang keliru mengenai inovasi, Yusharto mengaku pihaknya tengah gencar melakukan pembinaan dan pengawasan (Binwas) terhadap daerah yang kurang inovatif atau yang mengalami penurunan nilai Indeks Inovasi Daerah (IID).

Kepala BSKDN Kemendagri Yusharto Huntoyungo mengatakan penerapan inovasi daerah mampu mengefisiensikan penggunaan anggaran.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News